Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

Macam Macam Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa - Pekerjaan adalah mata pencaharian yang dijadikan pokok penghidupan. Pekerjaan dilakukan untuk mendapatkan penghasilan berupa uang atau bentuk barang lainnya. Ada berbagai macam jenis pekerjaan.

Namun secara umum, pekerjaan dibagi menjadi dua jenis macam. yang pertama Pekerjaan yang menghasilkan jasa dan pekerjaan yang menghasilkan barang. Barang adalah segala sesuatu yang berbentuk benda, contohnya meja, beras, lemari, motor, mobil, rumah dan sayur sayuran. Adapun jenis jenis pekerjaan yang menghasilkan barang, yaitu petani, peternak, nelayan, pengrajin, dan pengusaha.

Inilah daftar daftar pekerjaan yang menghasilkan Barang.

a. Petani
Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
source img : http://keywordsuggest.org/gallery/603899.html

Petani adalah orang yang pekerjaannya bercocok tanaman. Pekerjaan petani menghasilkan berbagai macam bahan pangan nabati seperti padi, sayur sayuran, dan lain lain. Petani di Indonesia sebagian besar berada di pedesaan. Mereka mengolah lahan pertaniannya secara sederhana.

Alat yang digunakan adalah cangkul, bajak, dan parang atau sabit. Cara cara menanam, memelihara, dan memanen tanaman masih dengan cara yang didapat dari pendahulunya. Adapun petani yang sudah maju mengenal cara cara bertani yang dapat menghasilkan hasil pertanian yang berlipat ganda. Petani mengenalnya dengan istillah pancausaha tani, yaitu :

1. Pengolahan tanah yang baik;
2. Pemilihan bibit unggul;
3. Pengairan atau irigasi;
4. Pemupukan secara teratur;
5. Pemberantasan hama

Pertanian sawah menghasilkan padi. Padi juga dapat ditanam di tegalan atau disebut juga padi gogo. Adapun di ladang menghasilkan sayur sayuran dan berbagai jenis palawijaya, seperti ubi dan singkong. Penduduk indonesia yang mata pencahariannya sebagai petani dapat di kelompokkan menjadi tiga, yaitu :

1. Petani pemilik adalah petani yang mengolah tanahnya sendiri.
2. Petani penggarap adalah petani yang mengolah tanah milik majikannya. Pembagian hasil diatur sesuai kesepakatan.
3. Buruh tani adalah orang yang diberi upah untuk mengolah tanah pertanian. Kelompok ini kurang menguntungkan karena penghasilannya sangat rendah. Mereka memiliki keterampilan sebagai petani, tetapi tidak mempunyai lahan.

Macam Macam Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

b. Peternak

Peternak adalah orang yang memelihara hewan ternak untuk diambil daging, susu, atau telurnya. Usaha peternakan di Indonesia dapat digolongkan menjadi dua, yaitu peternakan binatang besar dan peternakan unggas.

1. Peternakan hewan besar.

Peternakan hewan besar adalah peternakan yang memelihara hewan hwan besar. Misalnya sapi, kuda, kerbau dan biri biri. Dari peternakan tersebut dapat menghasilkan daging, susu, kulit dan sebagainya. Selain itu, hewan hewan seperti kerbau, sapi, dan kuda juga dapat dimanfaatkan tenaganya. Tenaga kerbau, sapi, dan kuda biasanya digunakan untuk menarik bajak, gerobak atau delman

2. Peternakan unggas

Peternakan unggas adalah peternakan hewan jenis unggas. Misalnya itik ayam, puyuh, dan merpati. Hewan tersebut dipelihara terutama untuk diambil telurnya. Untuk ternak ayam ada dua jenis, yaitu ayam potong dan ayam tipe petelur atau ayam buras.

c. Nelayan

Nelayan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menangkap ikan, udang, cumi cumi dan lain lain. Nelayan mencari penghidupannya dilaut, maka tempat tinggal nelayan ada di daerah pantai. Ikan hasil tangkapannya dijual di tempat pelelangan ikan. Ikan yang dijual di pasar tidak semuanya berasal dari laut. Ada juga yang ditangkap dari danau, tambak dan lain sebagainya.

Adapun usaha perikanan meliputi tiga jenis, yaitu :

1. Perikanan darat, diantaranya menghasilkan ikan mas, ikan mujair, ikan lele, dan ikan gurame
2. Perikanan laut, diantaranya menghasilkan ikan tongkol, ikan salem, ikan teri, dan ikan tuna
3. Perikanan di air payau, diantaranya menghasilkan ikan bandeng dan udang.

d. Perajin

Perajin adalah orang yang pekerjannya membuat barang barang kerajinan. Barang kerajinan tersebut dapat berupa sulaman, kerajin keramik, tembikar, ukiran, batik, hiasan dinding, dan anyaman. Hasil kerajinan tersebut dijual ke berbagai daerah, bahkan ada yang diekspor ke luar negeri.

Daerah di Indonesia yang terkenal dengan barang hasi kerajinan tangan, yaitu:

1. Jepara, Jawa Tengah terkenal dengan kerajinan ukiran kayu
2. Bali terkenal dengan kerajinan patung dari batu dan kayu.
3. Kota gede, Yogyakarta terkenal dengan kerajinan perak
4. Tasikmalaya terkenal dengan kerajinan anyaman bambu
5. Cibaduyut terkenal dengan kerajinan dari kulit berupa sepatu.

e. Pengusaha 

Pengusaha adalah orang yang bertanggung jawab pada suatu usaha. Kehadiran pengusaha sangat diharapkan oleh pemerintah dan rakyat. Pengusaha mendirikan perusaan yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Ada dua golongan pengusaha, yaitu pengusaha besar atau disebut dengan pengusaha bermodal besar dan pengusaha kecil atau disebut dengan pengusaha bermodal kecil.

Usaha yang dilakukan pengusaha ada berbagai macam, ada yang mengusahakan dalam bidang pertanian, seperti kehutanan dan perkebunan. Ada juga yang berusaha dibidang industri. Jenis pekerjaan di bidang kehutanan memerlukan izin usaha dari pemerintah karena menyangkut pemanfaatan kayu di hutan. Kayu kayu yang sudah tua ditebang. Kemudian diganti dengan menanam kembali. Penebangan hutan tanpa izin dapat merusak Hutan

Jenis pekerjaan dibidang perkebunan sebagian besar dilakukan oleh pemerintah dan perusahaan swasta. Adapun perkebunan kecil dapat dilakukan oleh perorangan, misalnya perkebunan kopi, tebu, cokelata, dan kelapa. Perkebunan yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta, Misalnya perkebunan karet, kina, dan teh.

Adapun usaha dalam bidang industri, misalnya industri pakaian. Bahan baku pakaian adalah kapas yang kemudian dipintal menjadi benang, lalu dijahit menjadi baju atau pakaian.

Macam Macam Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang - Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. dan apabila kalian ingin menshare artikel ini harus menyertakan link aktif/source ke web ini. Terimakasih atas perhatiannya. Sekian dan Sampai jumpa di esok hari.