Membaca Kenampakan Alam pada Peta

Membaca Kenampakan Alam pada Peta - Kenampakan alam yang ada di wilayah indonesia selain dapat diamati secara langsung juga dapat diamati melalui peta. Namun, kenampakan alam dalam peta digambar dalam bentuk simbol. Perhatikan peta Provinsi Gorontalo.

source img : http://peta-kota.blogspot.co.id/2011/06/peta-provinsi-gorontalo.html
Pada peta provinsi Gorontalo dapat dilihat berbagai kenampakan alam dalam bentuk simbol. Berbagai kenampakan alam yang dapat diamati pada peta provinsi gorontalo adalah sebagai berikut :

1. Gunung
2. Pegunungan (Peg.)
3. Danau
4. Sungai
5. Teluk (Tel.)
6. Tanjung (Tg.)

Berbagai kenampakan alam yang ada di Provinsi Gorontalo diatas adalah kenampakan alam yang digambarkan pada peta dengan skala yang kecil. Untuk mengamati kenampakan alam yang lebih lengkap, dapat digunakan peta yang lebih detail dengan skala yang lebih besar. Penyajian peta Provinsi Gorontalo di atas adalah untuk meberi contoh cara mengidentifikasi kenampakan alam pada peta.

Untuk membedakan antara dataran rendah dan dataran tinggi pada peta yaitu dengan melihat perbedaan warna. Dataran rendah biasanya digambar dengan warna hijau. Semakin tinggi suatu dataran maka waranya digambar dengan warna kuning atau cokelat. Warna cokelat biasa igunakan untuk menggambar dataran tinggi atau pegunungan.

Didalam peta pegunungan pegunungan di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua digambar dengan warna kuning atau cokelat. Dataran rendah, daerah rawa, dan daerah pantai digambar dengan warna hijau.thanks for https://smirantiesaputri.wordpress.com/2015/02/06/bentuk-dan-pola-muka-bumi-pada-peta/ untuk gambarnya