-->

Biaya Hidup Mahasiswa Unpad (Universitas Padjajaran)

Biaya Hidup Mahasiswa Unpad - Hari ini kita akan membahas tentang serba serbi UNPAD kampus Jatinangor. Kampus yang berada di Daerah Sumedang ini sudah tampak tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat, khusus nya bagi mereka yang sekarang menginjak bangku sekolah menengah atas. Kampus yang menjadi daya tarik dengan julukan sebagai pelarian anak anak yang gagal masuk UI ataupun UGM dengan peminat nomer 1 terbanyak se Indonesia ini.



1. Biaya hidup di UNPAD Jatinangor

Sudah kita ketahui bahwa UNPAD Jatinangor bukan berada di Bandung melainkan di Sumedang yang sudah menjadi kampus utama nya. Di Jatinangor ini, banyak sekali tempat makan,ada satu mall, dan banyak cafe untuk nongkrong. Kalian harus tahu dimana tempat yang makanan nya enak dan murah dan mana yang menguras kantong kalian.

Di dalam kampus sendiri biasa ada kantin yang bisa di bilang tidak terlalu murah. Jika memesan makanan 3 macam lauk diluar ayam, maka bisa dibawah 15 rb dengan porsi nasi yang boleh kitaambil sendiri. Angkringan pun bisa di bilang relatif mahal. 

Porsi nasi yang bisa kita ambil sendiri mungkin itu lah yang membuat kebanyakan anak UNPAD sehari makan dua kali saja sehingga sehari hanya bisa menghabiskan kurang lebih 30 ribu diluar biaya nugas, dan kebutuhan lain.

Jasa percetakan atau fotokopi disini relatif bersahabat dan itu mungkin meringankan uang saku kita. 

Akomodasi juga menjadi hal penting bagi mahasiswa, disini kalian tidak bisa leluasa menggunakan jasa grab atau pun gojek karena di Jatinangor ini sangat dilarang keras bagi mereka gojek dan grab. Pihak kampus pun juga mendukung hal tersebut dengan pemasangan benner di sudut sudut kampus tetapi disini sangat banyak sekali ojek pangkalan, yang harga nya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah yaa kisaran 10 rebu deh kalo lumayan jauh, asalkan pinter nawar dan mungkin jago bahasa sunda hehehe.

2. Gimana sih kostan nya disana kak?

Kostan disini mungkin dibagi tiga macem kalo di UNPAD gatau kalo tempat lain ya.
Pertama mungkin untuk golongan yang nyari kost nya pinter dan uang yang pas dengan kisaran harga dibawah 8 juta itu sudah rata rata memakai wifi, kamar mandi, dan tempat parkir motor.

Kedua untuk mereka yang ingin tempat yang nyaman dan modern dikisaran harga 11 - 18 jutaan. 

Tempat parkir yang luas,jaringan wifi yang pasti ada, bisa mandi air panas air dingin, tentunya sangat comfortable, dan biasa nya free laundry.

Ketiga adalah apartemen untuk mereka yang sudah bingung cara ngabisin uang nya gimana ya dengan tinggal disana dengan kisaran 22 juta keatas dengan semua aksen yg sudah saya sebutkan tadi, kolam renang dan fasilitas yang menunjang harga selangit itu. 

Bisa dibilang apartemen cukup banyak di Jatinangor sana. Jika kalian bijak maka kalian akan mencari kost yang nyaman dan menunjang kebutuhan seorang mahasiswa dan tidak. terlalu mahal.

3. Lingkungan kampus dan sekitarnya

Lingkungan kampus UNPAD Jatinangor sangat ramai dan dihuni oleh kebanyak orang sunda itu sendiri. Mereka orang orang ramah dengan tatanan bahasa yang alus yang dikenal dengan ciri khas sundanya.

Kalian harus bisa pandai pandai berbahasa dan berbicara karena orang Jakarta yang seperti saya ini sudah merasa ngomong dengan halus tetapi bagi mereka itu kasar haha

Hampir setiap malam disana ada sekelompok geng balap motor yang sangat ramai sekali mulai dari depan kampus ITB Jatinangor sampai depan pangkalan damri UNPAD. Itu yang membuat masyarakat sana serta mahasiswa sangat risih. Mengherankan kan nya lagi hampir satu bulan ada satu kejadian pembegalan disekitar sana atau ada nya curanmor.


Penulis : m nur pasha
Disunting : m harrafi m

Related Posts

1 komentar

  1. Your Affiliate Profit Machine is ready -

    And making profit with it is as simple as 1---2---3!

    Here's how it works...

    STEP 1. Tell the system what affiliate products the system will advertise
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (it LITERALLY takes 2 minutes)
    STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and upsell your affiliate products for you!

    Are you ready to make money automatically?

    Click here to start running the system

    BalasHapus

Posting Komentar

1. Komen yang baik
2. Komen yang tidak mengandung dengan spam
3. Komen yang tidak mengandung SARA
4. Komen sesuai Topik bahasan

Blog Dofollow Page Rank 2, Di anjurkan comment dengan URL/Komentar

Subscribe Our Newsletter