-->

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia Sebagai Negara Maritim Terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat

Pengaruh kondisi geografis indonesia sebagai negara maritim terhadap pengaruh kehidupan sosial masyarakat - Sebagai negara Maritim dan kepulauan yang berada di antara benua Australia dan Asia memawa pengaruh terhadap kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena dengan posisi tersebut menyebabkan indonesia menjadi jalur perdagangan dunia mau tidak mau banyak pedagang dari berbagai negara di seuluruh belahan bumi ini akan melewati dan mampir ke Indonesia pada Gang pedagang dari berbagai negara tersebut. Tentunya memiliki latar belakang yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Para pedagang yang mampir dan ada sebagian yang menetap di indonesia turut membawa adat budaya dari negara asalnya. Lambat laut adat budaya yang dibawa tersebut akan berbaur bercampur bahkan melebur dengan adat budaya asli indonesia. Berikut ini adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh letak dan kondisi geografis bangsa indonesia sebagai negara maritim atau kepulauan.

1. Komunikasi dan interaksi antarpenduduk menjadi lebih mudah baik antar warga indonesia maupun orang indonesia dengan warga asing. Hal ini didukung adanya kemajuan teknologi di bidang pelayaran antar pulau dan antar negara.

2. Terjadinya pembauran, pencampuran atau peleburan nilai nilai yang terpola dan antar negara.

3. Munculnya perkampungan perkampungan etnis tertentu seperti Pecinaan dan Kampung Arab.

4. Jadinya perubahan perilaku masyarakat karena pengaruh masuknya pola dan nilai perilakudari pulau daerah mupun negara lain.

4. Terjadinya perpindahan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihya mohon dimaafkan karena saya jugaa manusia yang tak luput dari kesalahan apabila artikel ini bermanfaat bisa anda share dengan mmemberikan link aktif atau sumber refrensi.

Sumber artikel : Buku sekolah

Related Posts

1 komentar

  1. As reported by Stanford Medical, It's indeed the one and ONLY reason women in this country live 10 years more and weigh an average of 42 pounds lighter than we do.

    (And really, it is not about genetics or some secret diet and absolutely EVERYTHING to do with "HOW" they are eating.)

    BTW, What I said is "HOW", not "WHAT"...

    Tap this link to see if this short questionnaire can help you decipher your true weight loss possibility

    BalasHapus

Posting Komentar

1. Komen yang baik
2. Komen yang tidak mengandung dengan spam
3. Komen yang tidak mengandung SARA
4. Komen sesuai Topik bahasan

Blog Dofollow Page Rank 2, Di anjurkan comment dengan URL/Komentar

Subscribe Our Newsletter