-->

Macam Macam Kelainan Pada Organ Gerak Pasif (Tulang)

Macam macam kelainan pada organ gerak pasif - tulang atau kerangka adalah penopang tubuh Vertebrata.  Tanpa tulang, pasti Tuvug kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam Kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur. (wikipedia).

Baca juga : Gangguan dan Kelainan pada Sistem Gerak dan Upaya Mencegah serta Mengatasinya

Nah kita sudah mengetahui definisi dari tulang sendiri, namun inilah.

Macam macam kelainan  pada organ gerak pasif (Tulang).



1. Fraktura/Patah Tulang.
Kelainan pada tulang akibat kecelakaan baik kendaraan bermotor atau jatuh dibedakan menjadi dua, yaitu fraktura yang tertutup (patah tulang yang tidak sampai merobek kulit/otot) dan fraktura yang terbuka (patah tulang yang merobek atau menembus kulit/otot).

2. Osteoporosis


Kelainan pada tulang yang disebabkan karena adanya pengeroposan tulang. Hal ini karena tubuh sudah tidak mampu lagi menyerap dan menggunakan kalsium secara normal.

3. Fisura/Retak Tulang.

Kelainan tulang yang menimbulkan keretakan pada tulang akibat kecelakaan.

4. Lordosis


Lordosis kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung pada daerah lumbalis. Hal ini akan mengakibatkan posisi kepala tertarik ke belakang.

5. Skoliosis.


Kelainan tulang karena sikap duduk yang salah sehingga tulang belakang melengkung ke arah samping. Hal ini akan menyebabkan badan akan membengkok membentuk huruf S.

6. Kifosis.


Kifosis kelainan tulang karena sikap duduk membungkuk sehingga tulang belakang membengkok ke belakang.

Macam macam kelainan  pada organ gerak pasif (Tulang) - mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan apabila kalian terbantu atas informasi ini boleh menshare dengan memberikan link aktif atau sumber artikel ini. 

Sumber artikel : buku sekolah, wikipedia.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter