-->

Biaya Hidup Mahasiswa Universitas Indonesia (UI)

Biaya Hidup Mahasiswa di Sekitar Universitas Indonesia (UI) - Biaya Hidup Mahasiswa di Universitas Indonesia (UI) 

Assalamu'alaykum adik adik, gimana kabarnya nih? kembali lagi bersama saya di website harafi's mulki dalam rangka mengulik biaya hidup mahasiswa di sekitar universitas indonesia. Sebelum sebelumnya, saya sudah membahas edisi tentang Biaya hidup Mahasiswa UGM dan Biaya hidup Mahasiswa UIN Jakarta. Kali ini, kita akan mengulik pembahasan mengenai biaya hidup mahasiswa di sekitar universitas indonesia.

Universitas indonesia merupakan salah satu universitas terbaik di indonesia. Masuk ke dalam 3 besar peringkat Universitas terbaik yang di indikasikan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia  (Kemenristekdikti) bersaing melawan rival nya yaitu Universitas Gadjah Mada dan Institute Teknologi Bandung, Universitas indonesia sering kali menorehkan berbagai macam prestasi baik dari segi akademis maupun non akademis. Maka, patut saja universitas indonesia menjadi dambaan setiap Calon mahasiswa baru yang ingin menimba ilmu disana.



Akan tetapi, banyak persoalan yang dihadapi oleh calon mahasiswa baru di daerah jawa barat khusunya anak anak perantauan. Bagi kalian anak perantauan, maka cocok sekali untuk membaca artikel ini sebagai bahan pertimbangan apakah kalian akan melanjutkan studi kalian di universitas ini atau tidak.

Oh ya terimakasih juga kepada Annisa Nur Ulandini sebagai narasumber yang saya tanya bagimana kehidupan mahasiswa di kampus unviersitas indonesia dan dia sebagai pengemban studi program sarjana jurusan keperawatan. Tanpa basa basi lagi kita akan mengulik dikit banyaknya kehidupan mahasiswa di universitas indonesia. Dari segi makannya, biaya tugasnya, biaya kost nya, kehidupan lingkungan kampusnya, ataupun biaya kuliahnya.

Biaya Hidup Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) 


1. Biaya hidup di kota ataupun daerah itu relatif

Pada pembahasan biaya hidup mahasiswa universitas indonesia kali ini. Sebenernya biaya hidup itu tergantung bagaimana kalian mengolah pengeluaran dan mengolah pemasukan sehingga kalian tidak keteteran dalam mengelola keuangan. kenapa saya katakan begitu? Karena saat ini kebutuhan pokok cenderung di pulau jawa cendrung khususnya kota besar dibanding kota kota lainnya.

Baca juga : Biaya Hidup Mahasiswa UGM

Maka dari itu sebenernya biaya hidup di sekitar universitas indonesia ini relatif juga dengan bagaimana kalian memanajemen pengeluaran maupun pemasukan. Untuk sarapan kalian bisa sampai mengeluarkan 10rb, untuk makan siang 20rb, dan untuk makan malam 10rb.

Itu pun bila ingin murah harus ke warteg atau kantin asrama. Jadi pintar pintar lah melihat kondisi situasi keuangan kalian.
Tempat yang saya ketahui memang makanan murah letaknya di kantin asrama karena saya pernah datang kesana dan memesan beberapa menu yang disediakan kantin. Untuk tugas tugas nya relatif jurusan kalian sih, biasanya paling banyak ya mengeluarkan perbulanan itu sekitar 10rb untuk tugas, tapi untuk yang membutuhkan kertas lebih banyak bisa lebih dari 10rb bahkan 50rb-100rb.

2. Kost Gimana sih kak? apa mahal mahal?

Untuk kost dari sumber informasi yang saya dapat, Kost kost an di ui sekitar rentan harga 500rb ke atas/bulan, untuk yang dibawah 500rb ke bawah/bulannya itu ada juga, cuman memang kendala yang didapatkan adalah jauhhhhhhhhhhhhhh dari kampusnya. Kalo kalian punya motor sih enak enak aja, untuk yang ga punya? lebih baik yang deket deket dari pada nanti menyusahkan diri sendiri kan hehehe.

Nah bagi kalian anak perantauan bisa mencoba asrama mahasiswa. Karena sangat terjangkau biayanya. Dengan 320rb kalian bisa menempati asrama mahasiswa universiras indonesia (biaya tahun 2018-2019) dan kalian bisa membayarnya pada tiap bulan.

3. Lingkungan Kampus Universitas indonesia

Memang sih yang ada pertanyaan bagaimana lingkungan kampus universitas indonesia dalam hal pertemanan dan dalam hal menghambur hambur kan uang. Termasuk saya sendiri, saya sendiri pun memikirkan bagaimana pertemanan yang ada di lingkungan kampus di universitas indonesia ini.

Dan menurut informasi yang saya dapatkan dari mahasiswa yang berkuliah disitu, dia berpendapat bahwa " Kalo masalah pertemanan, gw rasa UI ga terlalu menekankan yang kaya dengan yang kaya yang miskin dengan yang miskin, di ui itu bersatu, yang dari kampung punya keahlian dan semangat yang tinggi jadi mereka bisa ngasih contoh ke anak kota gimana gimananya. Kalo yang anak kota tugas kita untuk memperlihatkan bagaimana pergaulan dikota, dengan kata lain kita ga cuma ngajarin dia ga bener, kita kasih tau mereka gimana survive di ibu kota"

Jadi bagi kalian anak rantau, jangan takut untuk bergaul dengan anak anak kota di universitas indonesia, mereka pun menerima kalian dengan baik.

4. Biaya kuliah nya gimana sih kak?

Ada dua macam pembayaran biaya kuliah di universitas indonesia. Ada BOP P dan BPO B. Lantas apa itu BOP P dan BOP B?untuk simplenya saya rubah bahasanya secara sederhana.

Jadi kalian sebagai mahasiswa UI bisa milih nih, mau milih BOP P atau BOP B.  Untuk BOP P uang kuliah nya bisa melebihi BOP B. Karena bisa nentuin bayarnya berapa, tapi.... Ya gitu, BOP P Tidak perlu mengirim berkas berkas data yang akan menjadi penilaian penentuan pembayaran biaya pendidikan seperti BOP B. Jadi Mahsiswa yang mengajukan BOP P bisa lebih berkontribusi pada pendidikan.

Baca juga : Biaya Hidup Mahasiswa Uin Jakarta

Untuk mahasiswa yang memilih BOP B, maka ia akan di minta untuk memverifikasi berkas berkas untuk penilaian berapa berat tanggungan beban biaya pendidikan yang harus dibayarkan setiap semeternya. Untuk bisa melihat UKT bisa membuka link disini " Biaya Pendidikan"

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Terimakasih kepada kalian yang sudah ingin berkunjung ke website ini apabila kalian ingin mengcopy paste artikel ini maka kalian diharuskan untuk menaruh link aktif di website kalian sebagai sumber refrensi. Terimakasih juga kepada Annisa nur ulandini sebagai narasumber untuk menyusun artikel biaya hidup mahasiswa di universitas Indonesia.

Refrensi : www.ui.ac.id/berita/apa-itu-bop-b-dan-bop-p.html

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter