-->

5 Olahraga Yang Cocok Dijadikan Sebagai Gaya Hidup Sehat

5 Olahraga Yang Cocok Dijadikan Sebagai Gaya Hidup Sehat  - beberapa dekade lalu, olahraga merupakan sebuah aktivitas yang dilakukan atas dasar menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Semata. Berbeda dengan saat ini, banyak di kalangan masyarakat menjadikan olahraga sebagai gaya hidupnya.

Hal ini dikarenakan masyarakat semakin sadar, bahwa selain meningkatkan kesehatan, olahraga juga dapat memperbaiki penampilan secara umum.  Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai 5 olahraga yang cocok dijadikan sebagai gaya hidup sehat. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

5 Olahraga Yang Cocok Dijadikan Sebagai Gaya Hidup Sehat 


1. Jogging

Jogging atau olahraga yang biasa dikenal dengan lari ringan, merupakan salah satu jenis olahraga yang paling sederhana dan tidak membutuhkan banyak skill. Siapa saja bisa melakukan olahraga yang satu ini. Dalam beberapa tahun terakhir, jogging menjadi sebuah tren gaya hidup sehat yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya menambah teman saat bertemu di track jogging, manfaat kesehatan pun sudah tentu didapatkan.

Penelitian yang dilakukan selama 16 Minggu dengan melibatkan para peserta aerobik (Olahraga kardio) menunjukkan sebuah hasil bahwa, mereka yang rutin melakukan latihan aerobik atau olahraga kardiovaskuler (seperti joging) memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan tingkat kesadaran yang lebih tinggi pada saat siang hari Sekedar informasi, jogging merupakan olahraga kardiovaskular, yang di mana olahraga ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung, Menghambat penuaan, meningkatkan kinerja seksual di dalam tubuh,  menurunkan lemak, masih banyak lagi ( butuh artikel khusus mengenai pembahasan ini ).

2. Memanah

Meski tidak seramai jogging, komunitas panahan di Indonesia tergolong lumayan banyak. Olahraga yang satu ini pun bisa dilakukan hampir di semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.  Selain dapat menambah  teman, dengan menjadikan olahraga panahan sebagai gaya hidup, anda akan mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya, antara lain:   - Kesehatan Tubuh - Melatih kesabaran - Melatih koordinasi antara anggota tubuh dengan otak - Melatih kekuatan - meningkatkan rasa percaya diri, dan masih banyak lagi

3. Bersepeda

Termasuk olahraga kardiovaskular, aktivitas bersepeda merupakan salah satu yang paling digemari di Indonesia. Terlebih lagi dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak komunitas bersepeda yang mulai bermunculan dan aktif mengadakan berbagai jenis event. Di samping mendapatkan banyak relasi baru saat berkumpul sesama pesepeda,

Baca juga : 4 Faktor Penting dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalani aktivitas bersepeda. 

  • Menyehatkan jantung
  • Menurunkan berat badan 
  • Mengurangi tingkat polusi 
  • Membuat awet muda
  • Dan masih banyak lagi 

4. Berenang

Memilih berenang menjadi gaya hidup sehat adalah pilihan yang tepat. Berikut dibawah ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan olahraga renang: 

  • Mengurangi stres 
  • Menyehatkan jantung 
  • Memicu pertumbuhan tinggi 
  • Menurunkan resiko diabetes 
  • Melatih pernapasan 
  • dan masih banyak lagi

Selain sederhana dan mudah, tidak dibutuhkan skill khusus untuk menjadikan renang sebagai gaya hidup.  Berenang juga bisa dilakukan kapan pun tanpa harus terikat waktu. Berbeda halnya dengan Jogging, bersepeda dan memanah yang biasa dilakukan sebelum malam hari. 

5. Fitness / nge-Gym

Fitness Center di Indonesia memiliki persepsi sebagai tempat orang-orang untuk melatih otot menjadi besar Semata. Padahal nyatanya tidak demikian, fitness center adalah sebuah sarana yang menyediakan berbagai macam alat untuk melatih kebugaran fisik secara umum.

Fitness center yang lengkap tidak hanya menyediakan alat-alat untuk latihan beban saja. Di fitness center Kita juga bisa melakukan berbagai latihan kardiovaskular dengan berbagai macam alat yang tersedia seperti : Treadmill, Mesin eliptis dan pijakan tangga, Rowing machine (mendayung), dan masih banyak lagi. Memilih latihan fitness sebagai alternatif gaya hidup sehat, bisa jadi pilihan terbaik buat anda. 

Kembali ke tujuan awal kita, Mengapa kita melakukan olahraga? Saat kita menjalani olahraga dengan tujuan murni menjaga kesehatan dan penampilan, akan lebih mudah bagi kita untuk tetap konsisten menjalani gaya hidup sehat. Berbeda halnya dengan ikut-ikutan.

Saat kita melakukan sebuah aktivitas olahraga hanya karena ikut-ikutan, hal ini akan membuat kita sulit untuk konsisten berada di jalannya. Ingat baik-baik, jagalah kesehatan, karena tanpa kesehatan anda tidak akan dapat menikmati hidup anda.    Sekian dulu pembahasan kita mengenai 5 olahraga yang cocok dijadikan sebagai gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.

Referensi: (sciencedirect.com)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter