Contoh Aturan Aturan yang Berlaku di Masyarakat, Rumah, Sekolah

Contoh Aturan Aturan yang Berlaku di Masyarakat, Rumah, Sekolah - Aturan bisa dibuat di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Aturan merupakan ketentuan yang dibuat dan mengikat masyarakat. Aturan memuat sesuatu yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Apa saja aturan aturan tersebut? mari,  kita baca uraian berikut ini.

Contoh Aturan Aturan yang Berlaku di  Masyarakat, Rumah, Sekolah
 source img: bupeko.com

1. Aturan di Rumah

Rumah merupakan lingkungan tempat tinggal kita. Rumah mempunyai aturan tertentu yang berlaku untuk semua anggota keluarga. Aturan aturan yang ada di rumah harus ditaati oleh semua anggota keluarga. Jika semua anggota keluarga menaati aturan yang berlaku di keluarga maka akan terjalin hubungan yang harmonis antaraanggota keluarga. Aturan apa saja yang ada di keluarga kalian? untuk mengetahui aturan aturan yang berlaku di rumah,mari kita membaca cerita tentang keluarga Imran berikut ini.

Keluarga Imran

Keluarga Imran merupakan keluarga yang rukun dan disiplin. Mereka saling menyayangi dan menghormati. Semua anggota keluarga patuh dan taat terhadaap aturan aturan yang telah disepakati. Imran dan keluarganya menjalankan peraturan dengan ikhlas.

Setiap pagi, keluarga imran bangun pukul 04.30 pagi. Setelah bangun tidur, semua anggota keluarga merapikan tempat tidur. Kemudia semua anggota keluarga melaksanakan ibadah. Setelah melaksanakan ibadah, Imran membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Irman menyapu lantai dan halaman. Irman juga membantu ayah memberi makan ternaknya.

Setelah tugas rumah diselesaikan, imran segera mandi. sehabis mandi, imran mengenakan pakaian dengan rapi. Selanjutnya keluarga Imran makan bersama. Sebelum makan, keluarga imran berdo'a terlebih dahulu. Begitu juga setelah makan, keluarga imran tidak lupa berdo'a. setelah selesai sarapan, imran bersiap siap berangkat sekolah. Imran berpamitan kepada ayahnya dan ibunya. Imran tidak lupa mencium tangan ayah dan ibunya.

Setelah pulang sekolah, Imran meletakkan sepatu pada rak sepatu dan tas dimeja belajarnya. Imran kemudian berganti pakaian dan tidur siang. Saat jam belajar tiba, imran dan adiknya belajar bersama. Imran dan adiknya selalu rukun. Jika imran ingin memakai barang milik adiknya, Imran selalu meminta izin terlebih dahulu pada adiknya. Imran dan adiknya tidak suka bertengkar.

Setelah belajar, keluarga imran menyempatkan menonton televisi bersama. Pada pukul 09:00 malam, imran pergi tidur, sebelum tidur, imran tidak lupa menggosok gigi dan mencuci tangan maupun kaki. Imran dan keluarganya selalu berdo'a sebelum tidur.

Nah, dari cerita diatas, apa saja aturan dalam keluarga imran?

Aturan atau norma yang ada dalam keluarga imran adalah norma Agama, meliputi berdo'a sebelum tidur, melaksanakan ibadah bersama keluarga, serta berdo'a sebelum dan sesudah makan. Norma kesusilaan meliputi, saling menyanyangi dan menghormati antaraanggota keluarga, saling menolong antaraanggota keluarga, membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah, dan belajar dengan rajin. Norma kesopanan meliputi, makan bersama keluarga, berbicara sopan dengan orang tua, serta berpamitan dan mencium tangan orang tua ketika hendak pergi. Norma Hukum yaitu tidak mengambil barang milik anggota keluarga lain tanpa seizin yang punya.

Aturan keluarga dibuat bersama sama oleh anggota keluarga. dengan demikian semua anggota keluarga memiliki rasa tanggung jawab untuk melaksanakan aturan keluarga.

2. Aturan di sekolah.

Setiap sekolah pasti memiliki tata tertib sekolah. Tata tertib di sekolah berlaku untuk semua warga sekolah. Tata tertib sekolah dibuat oleh pihak sekolah. Aturan atau tata tertib sekolah dibuat untuk menciptakan ketertiban dilingkungan sekolah. Sebagai warga sekolah, kita harus mematuhi tata tertib sekolah. Tata tertib dibuat demi tercapainya kelancaran dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Tata tertib biasanya dibuat secara tertulis.

Berikut ini contoh contoh tata tertib yang tertulis di sekolah.

a. Siswa harus hadir di sekolah paling lambat sepuluh menit bel berbunyi.
b. Bel pelajaran dibunyikan pukul 07:00
c. Siswa wajib memakai seragam dengan rapi dan atribut lengkap.
d. Rambut siswa laki laki tidak boleh panjang.
e. Setiap hari senin, siswa siswi wajib mengikuti upacara bendera.
f. Siswa melaksanakan tugas piket dengan penuh tanggung jawab.
g. Siswa wajib membuat surat izin, kita tidak masuk sekolah.
h. Tidak boleh meninggalkan sekolah tanpa izin dari guru.
i. Semua siswa wajib menjaga ketertiban dan ketenangan di kelas.
j. Siswa dilarang memakai perhiasan dan membawa barang berharga ke sekolah.
k.Semua siswa harus menghormati kepala sekolah, bapak/ibu guru pegawai tata usaha dan penjaga sekolah.

selain tata tertib yang tertulis, di sekolah juga terdapat tata tertib atau aturan yang tidak tertulis. dan ini adalah contoh aturan yang tidak tertulis di sekolah

a. Mengucapkan salam ketika bertemu dengan guru.
b. Menolong teman yang membutuhkan pertolongan
c. Berdo'a setiap memulai dan mengakhiri kegiatan belajar
d. Menjenguk teman yang sedang sakit
e. Tidak membeda bedakan dalam berteman
f. Bersikap ramah dan sopan terhadap semua warga sekolah.
g Memberi sampul pada buku buku pelajaran.
h, Membuang air besar dan kecil di WC
i. Tidak boleh mencoret coret dinding sekolah

Tata tertib di sekolah harus dilaksanakan oleh warga sekolah. Pelaksanaa tata tertib sekolah akan membawa kebaikan. Tata tertib sekolah bermanfaat melaitih kedisiplinan siswa, menambahsemangat belajar, serta dapat meningkatkan sikap saling menghormati dan menghargai antar warga negara sekolah. Pelanggaran terhadap tata tertib sekolah akan dikenai sanksi. contoh sanksi terhadap pelanggaran tata tertib yaitu diberi peringatan dan hukuman secara langsung.

3. Aturan di Lingkungan Masyarakat.

Di dalam kehidupan bermasyarakat banyak sekali aturan. Aturan di lingkungan masyarakat di buat untuk menciptakan ketertiban warga masyarakat. Sebagai anggota masyarakat, kita harus taat terhadap aturan yang berlaku. Aturan digunakan untuk mewujudkan lingkungan yang tertib, aman dan nyaman
aturan masyarakat biasanya dibuat secara bersama sama oleh warga setempat. Aturan di masyarakat biasanya dibuat berdasarkan keadaan lingkungan masyarakat setempat.

Oleh karena itu, aturan masyarakat di daerah yang satu dengan daerah yang lain pasti memiliki perbedaan. Aturan dalam masyarakat yang ada tertulis dan ada yang tidak tertulis.berikut ini contoh aturan tertulis yang ada di masyarakat

a. Tamu dilarang bertamu melebihi pukul 22.00
b. Semua anak usia sekolah wajib belajar pada jam 19.00 sampai 21.00
c. Tamu menginap lebih dari 24 jam wajib lapor ketua RT
d. Warga wajib menjaga kebersihan lingkungan
e. Warga wajib menjaga kemanan dan ketertiban lingkungan
f. Warga yang berusia tujuh belas tahun ke atas wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
g. Setiap kepala keluarga wajib memiliki kartu keluarga
h. Warga wajib mematuhi peraturan lalu lintas

Beirkut contoh aturan tidak tertulis yang ada di masyarakat

a. Menyapa tetangga ketika bertemu di jalan
b. membantu tetangga yang membutuhkan pertolonga
c. menjenguk tetangga yang sedang sakit
d, saling menghormati dan menghargai
e. berpakaian dengan sopan
f. berbicara kepada tetangga dengan sopan
g. menjaga kerukunan antartetangga
h. Melayat tetangga yang meninggal dunia.

Contoh Aturan Aturan yang Berlaku di  Masyarakat, Rumah, Sekolah - mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, dan ilmu yang saya berikan berasal dari buku sekolah. mungkin sekian salam dan terimakasih.