Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri

Contoh Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri - Harga diri adalah kehormatan dan kesadaran betapa besar nilai yang diberikan kepada diri sendiri. Selain itu, harga diri juga merupakan sikap seseorang untuk mempertahankan kehormatannya. Harga diri juga berarti menghargai diri sendiri. Jika seseorang tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana mungkin orang lain akan menghargai dirinya.

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri
source img : http://zadidtaqwa.blogspot.co.id/2013/08/harga-diri.html

Orang yang memiliki harga diri tinggi tidak akan mau melakukan perbuatan tercela atau melanggar hukum. Ia akan malu pada dirinya sendiri apabila berbuat kesalahan. Ia akan mengakui kesalahannya dan bersedia menanggung akibatnya. Ia tidak akan lari dari tanggung jawab.

Orang yang memiliki harga diri tinggi akan menaati tata tertib atau peraturan, serta menghormati hak dan kewajiban orang lain. Harga diri merupakan kebutuhan setiap orang. Harga diri dibutuhkan setiap orang ketika berbagai kebutuhan dasar manusia telah terpenuhi, seperti sandang, pangan, papan, keamanan, dan kasih sayang. Seseorang akan memiliki harga diri yang baik apabila didasari oleh hal hal berikut :

1. Bertakwa kepada Tuhan yang maha Esa.
2. Memiliki rasa malu, jujur dan rendah hati.
3. Menghargai dan menghormati orang lain

berikut ini Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri :

1. Sopan dan Ramah

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri
source img : http://www.hanyatauaja.com/

Orang yang berperilaku sopan berbicara dengan lemah lembut, tidak menyakiti orang lain, dan tidak memotong pembicaraan orang lain. Orang yang memiliki sopan santun, jika berjalan di depan orang tua ia akan mengatakan "Permisi" sambil membungkukkan badan. Kesopanan dan keramahan dapat mengangkat harga diri seseorang.

2. Rajin Belajar

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri
source img : http://pelatihindonesia.com/menemukan-makna-belajar/

Belajar merupakan wujud menghargai diri sendiri. Dengan belajar, kita menjadi pandai. Kita merasa bangga dan senang apabila pandia. Anak yang pandai harga dirinya akan naik dan harus dijaga harga dirinya dengan berperilaku baik. Sebaliknya, jika kita malas, kita akan menjadi kurang pintar. Kurang pinter berarti tidak dapat menjaga harga diri. Tidak rajin belajar itu merugikan. Selain itu, menjatuhkan harga diri sendiri. dan menjatuhkan harga diri keluarga.

3. Berlaku jujur

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri
source img : www.inovasee.com

Jujur adalah sikap atau sifat seseorang yang menyatakan sesuatu degan sesungguhnya  dan apa adanya, tidak di tambahi ataupun tidak dikurangi. Sifat jujur ini harus dimiliki oleh setiap manusia, karena sifat dan sikap ini merupakan prinsip dasar dari cerminan akhlak seseorang. Jujur juga dapat menjadi cerminan dari kepribadian seseorang bahkan kepribadian bangsa. Oleh sebab itulah kejujuran bernilai tinggi dalam kehidupan manusia.(dikutip dari website :http://pratiwianggun17.blogspot.co.id/)

4. Disiplin

Disiplin adalah sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain mempercayainya, karena modal utama dalam berwirausaha adalah memperoleh kepercayaan dari orang lain. Disiplin berasal dari bahasa latin Discere yang berarti belajar. Dari kata ini timbul kata Disciplina yang berarti pengajaran atau pelatihan. Disiplin
berasal dari bahasa Inggris yaitu “disciple” yang berarti pengikut atau murid.

Dan sekarang kata disiplin mengalami perkembangan makna dalam beberapa pengertian. Pertama, disiplin diartikan sebagai kepatuhan terhadap peratuaran atau tunduk pada pengawasan, dan pengendalian. Kedua disiplin sebagai latihan yang bertujuan mengembangkan diri agar dapat berperilaku tertib. Perkataan disiplin mempunyai arti latihan dan ketaatan kepada aturan.

Dengan melaksanakan disiplin, berarti semua pihak dapat menjamin kelangsungan hidup dan kelancaran kegiatan belajar, bekerja, dan berusaha. Kemauan kerja keras yang kita peroleh dari disiplin, akan melahirkan mental yang kuat dan tidak mudah menyerah walaupun dalam keadaan sulit. (dikutip dari website : http://www.academia.edu/8980066/

Contoh Perilaku yang Mencerminkan Harga Diri - Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. kurang lebihnya mohon di maafkan sekian dan terimakasih