-->

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia - Amatilah sekeliling tempat tinggal dan lingkungan sekolah kalian apakah terdapat keberagaman? Misalnya dilihat dari suku, agama, ras, budaya dan jenis kelamin. Masyarakat yang tinggal di daerah kalian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri atas 34 provinsi dengan ribuan pulau yang ada didalamnya.

source img : http://taufanalii.blogspot.co.id

Luas wilayah negara berpengaruh terhadap banyaknya keberagaman yang dimiliki bangsa indonesia. Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya, dan ekonomi. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa indonesia merupakan kekayaan dan keindahan wilayah negara indonesia

Keberagaman dalam masyarakat indonesia sudah menjadi ketetapan Tuhan yang maha Esa. Keberagaman merupakan anugerah yang patut disyukuri karena tidak mudah mengelola keberagaman di Indonesia. Pemerintah dan seluruh warga negara indonesia sebaiknya mendorong keberagaman ini menjadi sebuah kekuatan guna mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Menghormati keberagaman adalah sikap terpuji sebagaimana Tuhan menciptakan makhluknya yang beraneka ragam pula.

Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara kesatuan RI. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip kebersamaan, kesetaraan, toleransi dan saling menghormati.

Keberagaman masyarakat indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri sendiri, dan masyarakat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor alam, diri sendiri, dan masyarakat. Secara umum keberagaman masyarakat indonesia disebabkan oleh hal hal berikut.

a. Letak strategis wilayah indonesia

Coba kalian amati letak geografi indonesia dalam peta dunia. Letak indonesia yang strategis, yaitu diantara dua samudra pasifik dan samudra indonesia, serta dua benua Asia dan Australia mengakibatkan wilayah kita menjadi jalur perdagangan Internasional. Lalu lintas perdagangan tidak hanya membawa komoditas dagang, namun juga pengaruh kebudayaan mereka terhadap budaya indonesia. Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras, kemudian menetap di Indonesia mengakibatkan kemajemukkan ras, agam dan bahasa.

b. Kondisi negara kepulauan

Negara indonesia terdiri atas beribu ribu pulau yang secara fisik terpisah pisah. Keadaan ini menghambat hubungan antar masyarakat dari pulau yang berbeda beda. setiap masyarakat di kepulauan mengembangkan budaya mereka masing masing, sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan masing masing. Hal ini mengakibatkan perbedaan suku bangsa, bahasa, budaya, serta peranan laki laki dan perempuan.

c. Perbedaan kondisi alam

Kondisi alam yang berbeda seperti daerah pantai, pegunungan, daerah subur, padang rumput, pegunungan, dataran rendah, rawa, dan laut mengakibatkan perbedaan masyarakat. Juga kondisi kekayaan alam, tanaman yang dapat tumbuh, hewan yang hidup di sekitarnya. Masyarakat di daerah pantai berbeda dengan masyarakat pegunungan, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bahkan kepercayaan.

d. Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga memengaruhi perbedaan masyarakat indonesia. Kemudahan saran ini membawa masyarakat mudah berhubungan dengan masyarakat lain, meskipun jarak dan kondisi alam yang sulit. Sebaliknya sarana yang terbatas juga menjadi penyebab keberagaman masyarakat indonesia.

e. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.

Sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. ada masyarakat yang mudah menerima orang asing atau budaya lain, seperti masyarakat perkotaan. Namun ada juga sebagian masyarakat tetap pada budaya nya sendiri.

Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. terimakasih kepada buku kurtilas yang sudah memberikan informasi ini di buku sekolahan dan saya ketik ulang di website ini.

sumber artikel ini : buku pelajaran sekolah

Related Posts

Subscribe Our Newsletter