Saturday, November 25, 2017

Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik

Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik - Landasan kehidupan sosial politik masyarakat indonesia adalah sila keempat Pancasila yang berbunyi "Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan". Perilaku politik harus didasari nilai hikmat, kebijaksanaan, permusyawaratan dan perwakilan. Hal ini semua merupakan bagian dari gotong royong.

Sila keempat pancasila pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan. Bangsa indonesia akan tetap memelihata dan  mengembangkan kehidupan demokrasi.

source img : sindmecanicos.com.br

Bangsa indonesia akan memelihara serta mmengembangkan kearifan dan kebijaksanaan dalam bermusyawarah. Permusyawaratan memancarkan kehendak untuk menghadirkan negara persatuan yang dapat mengatasi paham perseorangan dan golongan, sebagai pantulan dari semangat kekeluargaan dari pluralitas kebangsaan indonesia dengan mengakui adanya "kesederajatan/persamaan dalam perbedaan.

Permusyawaratan adalah suatu tata cara khas kepribadian indonesia untuk merumuskan dan atau memutuskan suatu hal berdasarkan kehendak rakyat, hingga tercapai keputusan yang berdasarkan kebulatan pendapat atau mufakat. Perwakilan adalah suatu sistem dalam arti tata cara (prosedur) mengusahakan turut serta rakyat mengambil bagian dalam kehidupan bernegara, antara lain dilakukan dengan melalui badan badan perwakilan.

Hikmah kebijaksanaan merekleksikan tujuan sebagaimana dikehendaki oleh pembukaan uud 45. Hal ini berarti, bahwa susunan NKRI berkedaulatan rakyat itu hendaknya didasarkan pada nilai nilai ketuhanan. perikemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, dan keadilan.

Pangkal tolak pelaksanaan kehidupan sosial politik bangsa indonesia adalah gotong royong yang tercemin dalam proses pengambilan keputusan di lembaga lembaga negara dan organisasi kemasyarakatan dengan cara musyawarah untuk mufakat. Setiap orang yang bermusyawarah bekerja sama mencari kesepakatan untuk mengatasi permasalahan.

Mufakat sebagai hasil musyawarah akan berhasil apabila mengembangkan sikap saling menghormati dan tidak memaksakan kehendak kepada siapapun. Melalui musyawarah, keputusan yang dihasilkan merupakan keputusan bersama sehingga semua pihak ikut bertanggungjawab melaksanakan keputusan tersebut.

Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan yang dapat saya berikan. Terimakasih kepada buku kurtilas yang sudah memberikan informasi ini terlebih dulu. Sekian dan terimakasih sekali lagi.

sumber artikel ini : buku pelajaran sekolah 
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post