-->

2 Macam Transformasi Energi dalam Sel

Transformasi Energi dalam Sel - Pada makhluk hidup heterotrof (makhluk hidup yang memanfaatkan sumber makanan organik/makhluk hidup yang tidak mampu mengubah senyawa anorganik menjadi senyawa organik), energi bersumber dari makanan yang dikonsumsi.

Energi ini akan engalami transformasi mulai dari energi potensial berupa energi kimia makanan menjadi energi panas dan energi kinetik/gerak dalam aktivitas makhluk hidup tersebut. Transformasi energi tersebut terjadi di dalam organel yang terdapat didalam sel. Transformasi energi dalam sel terjadi dengan cara sebagai berikut :

1. Transformasi Energi oleh Klorofil

source img : .republika.co.id

Klorofil adalah zat hijau daun yang terdapat dalam organel sel tumbuhan yang disebut kloroplas. Klorofil berfungsi melancarkan proses fontosintesis. Proses tersebut digunakan untuk mereaksikan Co2 dan H2O menjadi glukosa. Selain menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa, hasil reaksinya menghasilkan oksigen yang dapat digunakan oleh tumbuhan untuk beraktivitas, seperti tumbuh, berkembang dan bernapas.

Jadi energi radiasi matahari yang berbentuk energi cahaya diubah menjadi energi potensial dan energi kimiawi yang disimpan dalam molekul karbohidrat dan bahan makanan lainnya. Energi ini dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk beraktivitas (tumbuh dan berkembang) dan juga dimanfaatkan oleh makhluk hidup lain yuang mengonsumsi tumbuhan tersebut. Akibatnya energi yang terdapat pada tumbuhan berpindah ke dalam tubuh makhluk hidup lainnya dan menjadi energi potensial. Di dalam tubuh makhluk hidup ini, energi akan ditransformasi kembali.

2. Transformasi Energi oleh Mitokondria

source img : http://www.avkimia.com 

Mitokondria adalah organel yang terdapat di dalam sel, yang memiliki peran dalam respirasi sel. Di dalam mitokondria, energi kimia yang digunakan untuk mengubah karbohidran, protein, dan lemak. Mitokodria banyak terdapat pada sel oto makhluk hidup dan sel saraf.

2 Macam Transformasi Energi dalam Sel - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, apabila kalian rasa artikel ini bermanfaat untuk kalian. kalian boleh langsung share kepada teman teman kalian agar dapat lebih mengetahui 2 Macam Transformasi Energi dalam Sel. Sekian dan terimakasih

sumber artikel ini : buku pelajaran sekolah 

Related Posts

Subscribe Our Newsletter