-->

Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan

Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan - Manfaat Lingkungan Alam - Lingkungan alam diciptakan Tuhan Yang Maha Esa untuk keperluan manusia. Lingkungan alam dapat berupa gunung, sungai, pantai, dan daratan. Manusia memanfaatkan lingkungan alam tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, lingkungan alam sangat bermanfaat bagi manusia. Tahukah kamu manfaat lingkungan alam bagi manusia? Manfaat kenampakan alam di sekitar manusia sebagai berikut

a. Gunung

source img from : hightechgadgets15.blogspot.com

Gunung merupakan gundukan tanah yang tinggi. Banyak pohon tumbuh di gunung. Sewaktu hujan, akar akan menyerap air. Air hujan diserap di dalam tanah. sehingga tidak terjadi banjir. Pada waktu musi kemarau, kita tidak akan kekurangan air. Di gunung juga terdapat air terjun dan pemandangan yang indah. Sehingga dapat dijadikan objek wisata, selain itu, gunung bisa dijadikan objek pendakian bagi pecinta alam.

b. Sungai

Sungai merupakan tempat air mengalir. Sungai dapat digunakan manusia, misalnya untuk mandi dan mencuci. Sungai dapat juga digunakan untuk mengairi sawah. Biasanya dinamakan dengan irigasi. Di sungai, orang dapat juga memelihara ikan. Ikan ikan yang di pelihara tersebut antara lain. Ikan lele, mujahir, ikan gurami, dan ikan nila. Sungai yang besar dapat dilalui oleh perahu, layaknya laut. sungai yang besar terdapat disumatra dan kalimantan.

c. Pantai

Penduduk pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Nelayan menjual hasil tangkapannya di  Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kamu juga dapat menjumpai tambak di sekitar pantai. Pelabuhan bongkar muat barang dan trasportasi antarpulau juga terdapat dipantai. Permukiman penduduk pantai memanjang mengikuti garis pantai.

Pantai sangat penting bagi penduduk. Kita harus menjaga pantai dari kerusakan. Contoh perbuatan yang dapat kamu lakukan adalah dengan tidak membuang sampah ke laut. dan juga tidak menangkap ikan dengan bom yang dapat menyebabkan kerusakan ekosistem di laut.

d. Daratan

Bentuk daratan muka bumi beranekaragam. contohnya lembah, bukit dan daratan. Lembah adalah cekungan yang lebih rendah daripada daerah di sekitarnya. Pada umumnya, lembah terletak di antara dua bukit atau gunung. Tanah di lembah bersifat subur. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk pertanian.

Bukit adalah daerah berbentuk kubah dengan ketinggian 200 - 300m. Bukit dimanfaatkan untuk lahan perkebunan. Pada umumnya kopi, cokelat dan teh ditanam di perbukitan. Sedangkan dataran adalah daerah yang datar di daratan. Dataran di manfaatkan manusia sebagai pusat kegiatan. Permukiman penduduk biasanya mengelompok di dataran.

Manfaat Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan di buat oleh manusia. Lingkungan ini dubuat untuk memenuhi kebutuhan manusia. Layaknya lingkungan alam, ada juga manfaat dari lingkungan lingkungan yang sudah manusia buat. Berikut ini adalah manfaat lingkungan buatan bagi manusia.

a. Rumah

Tahukah kamu bahan yang dipakai untuk membuat rumah? Rumah ada yang dari batu bata, batu kali maupun bambu. Rumah merupakan tempat kita berteduh. rumah juga berguna untuk melindungi kita dari binatang yang buas.

b. Jalan

Tahukah kamu manfaat jalan? Jalan di gunakan oleh manusia untuk sarana berpinda dari tempat satu ke tempat yang lain. Jalan yang baik akan mempermudah kita untuk mencapay tempat yang sudah kita tuju.

c. Sawah

Sawah banyak terdapat di daerah pedesaan. Sawah berguna bagi manusia. Sawah merupakan tempat menanam padi, jagung dan palawijaya.

d. Gedung sekolah

Gedung sekolah merupakan tempat belajar bagi siswa. Kamu dapat bertemu teman baru di sekolah. Kamu juga bisa mendapat pengetahuan yang banyak di sekolah. Gedung sekolah ada bermacam macam misalnya bagi siswa SD, SLTP dan SMU

e. Pasar

Apakah di sekitar lingkungan mu ada pasar? Di pasar biasanya di jual banyak barang, misalnya makanan, pakaian dan alat alat rumah tangga sehingga manusia dapat memenuhi kebutuhannya dengan membeli barang barang yang ada di pasar.

Manfaat Lingkungan Alam dan Buatan - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, apabila itu benar datangnya dari Allah dan apabila itu salah datangnya dari saya sendiri. terimakasih sudah mau mengunjungi website ini, dan terimakasih kepada penyedia buku yang sudah membagikan ilmu ilmu nya yang akan bermanfaat bagi kita semua.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter