Saturday, January 14, 2017

Manfaat Ekspor dan Impor Bagi Indonesia

Manfaat Ekspor dan Impor Bagi untuk Bangsa Indonesia - Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain. Proses ini seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional. Strategi ekspor digunakan karena risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan lebih mudah bila dibandingkan dengan strategi lainnya Strategi lainnya misalnya franchise dan akuisisi.

Dan Impor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain secara legal, umumnya dalam proses perdagangan. Proses impor umumnya adalah tindakan memasukan barang atau komoditas dari negara lain ke dalam negeri.(wikipedia)

Manfaat Ekspor dan Impor Bagi Indonesia
source img : indonesianindustry.com

Bangsa indonesia sudah mengenal perdagangan antaranegara sejak dahulu. Peninggalan sejarah membuktikan bahwa bangsa indonesia sudah melakukan perdagangan dengan negara lain. Cina, India, dan bangsa bangsa Eropa adalah beberapa negara yang pernah melakukan hubungan perdagangan dengan indonesia.

Tiap negara memiliki sifat saling ketergantungan. Sifat saling ketergantungan ini menyebabkan timbulnya kegiatan perdagangan antarnegara. Perdagangan antarnegara muncul karena tiap negara tidak mampu menghasilkan sendiri semua barang kebutuhannya. Sebagian barang kebutuhannya harus dipenuhi negara lain. Kekurangan akan barang kebutuhan masing masing negara akan dicukupi oleh negara lain. Misalnya, sebuah industri di suatu negara memerlukan banyak bahan baku untuk proses produksinya.

Negara tempat industri ini berada tidak bisa menyediakan bahan baku yang cukup untuk kegiatan industrinya. Oleh karena itu, mereka mengimpor bahan baku dari negara lain. Sebaliknya, negara penghasil bahan baku memerlukan berbagai barang yang dihasilkan oleh negara industri. Mereka kemudian mengimpor berbagai barang kebutuhannya itu dari negara indsutri.

Kegiatan Ekspor dan impor ini dapat menghasilkan devisa bagi negara. Devisa adalah pemasukan atau pendapatan negara dalam bentuk mata uang asing. Mata uang asing ini dapat digunakan dalam kegiatan perdagangan antarnegara. Kegiatan ekspor dan impor biasanya dilakukan melalui pelabuhan laut

1. Manfaat Ekspor bagi Bangsa Indonesia

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, kerja sama antarnegara dalam bidang perdagangan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan masing masing negara. Manfaat bagi negara yang melakukan kegiatan ekspor adalah sebagai berikut.

  • Menambah pemasukan negara. Semakin tinggi nilai ekspor suatu negara, semakin besar pendapatan berupa uang asing. Jika pendapatan bertambah, akan semakin baik pula tingkat perekonomian negara tersebut.
  • Membuka lapangan kerja. Dengan makin meluasnya pasar barang hasil industri, maka akan banyak permintaan yang menuntut penambahan produksi. Penambahan produksi berarti memperluas lapangan kerja.
  • Menyerap tenaga kerja. Semakin banyak lapangan kerja, akan semakin banyak tenaga kerja yang diserap.
  • Meningkatkan hubungan kerja sama yang saling menguntungkan antara negara asal dan negara tujuan.Meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2. Manfaat Impor bagi Bangsa Indonesia

Setiap kegiatan perdagangan antarnegara tentu saja bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Adakah mafnaat dari kegiatan mengimpor bagi negara kita? manfaat yang didapat negara pengimpor barang dan jasa adalah sebagai berikut.

  • Dapat memenuhi kebutuhan barang barang yang tidak dapat diproduksi sendiri di negaranya.
  • Dapat memenuhi kebutuhan bahan ahan industri yang tidak tersedia di negaranya.
  • Meningkatkan kemampuan sumber daya manusia melalui proses alih teknologi dari tenaga ahli yang didatangkan dari negara maju.
  • Menambah pemasukan atau pendapatan negara