-->

Kandungan dan Manfaat Makanan Khas Daerah

Kandungan dan Manfaat Makanan Khas Daerah - Hallo sobat think smart, kembali lagi bersama saya admin tamvan dan rupawan, yang memberikan berbagi informasi tekno, sejarah dan juga pengetahuan pengetahuan lainnya yang kalian akan temukan di website ini. dan kita akan membahas tentang kandungan serta manfaat makanan khas daerah.

source img : dnursatrio.blogspot.com
Makanan khas daerah memiliki kandungan gizi dan manfaat yang beragam, sesuai dengan bahan baku, bahan tambahan, dan teknik pengolahan yang digunakan. Bahan utama produk makanan khas daerah adalah bahan nabati dan hewani. Kandungan nutrisi utamanya adalah karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air. Jumlah komponen komponen tersebut berbeda beda pada setiap bahan, bergantung pada susunan, kekerasan, tekstur, citarasa dan warna.

Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi manusia. Umumnya, karbohidrat terdapat pada bahan pangan golongan serelia seperti : Beras , gandum dan umbi-umbian. Contoh makanan khas daerah yang mengandung karbohidrat adalah nasi liwet, nasi jamblang, getuk.

Protein memiliki fungsi utama sebagai zat pembangun. Umumnya, protein terdapat pada hasil hewani seperti daging, ikan, telur, susu dan hasil nabati seperti  kacang kacangan dan hasil olahannya. Coontoh makanan khas daerah yang banyak mengandung proein adalah telur asin dan ayam betutu.

Lemak merupakan sumber tenaga kedua setelah karbohidrat dan dapat melarutkan vitamin A,D,E & K. Lemak dibedakan menjadi lemak yang dapat dilihat seperti mentega, margarin, minyak goreng. Lemak yang tidak dapat di lihat adalah kacang tanah, lemak kemiri, kuning telur, susu. Contoh makanan khas daerah banyak mengandung lemak adalah rendang daging dan bika ambon karena pada proses pembuatannya menggunakan santan kental.

Vitamin berfungsi untuk kelancaran metabolisme, menjada daya tahan dan kekebalan tubuh. sumbr vintamin dan mineral dapat di lihat pada hasil hewani, hasil nabati, dan juga sayur sayuran serta buah buahan. Contoh makanan khas daerah yang mengandung vitamin dan mineral adalah karedok dan keripik pisang

Sumber artikel : Buku sekolah

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter