-->

Ciri Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga

Ciri Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga - Hallo sobat rafi. apa kabarnya nih? semoga semua dalam keadaan biak baik saja karena kita disini kita akan mengetahui Ciri Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga. Kenampakan sosial negara tetangga indonesia dipengaruhi kenampakan alam tiap tiap negara. Hal ini menyebabkan kenampakan sosial masyarakatnya beragam. Keragaman ini bisa dilihat dari suku bangsa, tradisi, maupun budaya tiap tiap negara. Masyarakatnya terbentuk melalui hubungan sosial antar suku bangsa dengan latar belakang budaya, etnis, dan agama berbeda. Akan tetapi, perbedaan tersebut menjadi dasar terciptanya hubungan yang harmonis di kawasan Asia Tenggara.

Ciri Ciri Gejala Sosial di Indonesia dan Negara Tetangga
 source foto  : wikipedia


1. Keadaan Sosial Indonesia dan Negara Tetangga

Keadaan sosial adalah suatu keadaan atau kondisi yang menggambarkan tentang hal hal yang berkaitan dengan perbuatan manusia. Pegunungan, daratan rendah, rawa dan sebagainya termasuk keadaan alam. Sementara kemiskinan kejahatan dan sebagainya termasuk dalam keadaan sosial atau masalah sosial. Beberapa persamaan keadaan sosial negara negara di kawasan Asia Tenggara. Antara lain sebagai berikut :

a. Rata rata termasuk dalam negara berkembang
b. Mayoritas penduduknya bekerja di bidang pertanian
c. Sebagian besar penduduknya termasuk rumpun melayu
d. Pada umumnya sama sama pernah dijajah negara lain

Beberapa masalah sosial negara negara di kawasan asia tenggara, antara lain sebagai berikut

a. Kemiskinan

Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup atau tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok atau kebutuhan hidupnya, secara umum. Seseorang dikatakan miskin, apabila orang tersebut tidak mampu memenuhi kebutuhan akan makanan, pakaian, perumahan, kesehatan dan pendidikan. Permasalahan yang timbul karena kemiskinan dapat mengakibatkan masalah masalah sosial, seperti tindak kekerasan, penjarahan. pencurian, dan perampokan

b. Kejahatan  atau Kriminalitas

Kejahatan adalah suatu bentuk perilaku yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain. Kejahatan merupakan salah satu pelanggaran terhadap peraturan hukum yang berlaku di masyarakat. Kejahatan dapat terjadi karena disebabkan oleh keadaan atau suatu proses yang menghasilkan perilaku penyimpangan atau perilaku yang bertentangan dengan norma hukum. Masalah kejahatan dapat diatasi dengan cara preventif (mencegah) dan secara represif (memaksa).

c. Kebodohan

Pendidikan yang rendah mengakibatkan kebodohan. kebodohan dapat menimbulkan masalah seperti ketertinggalan dalam bidang iptek yang selanjutnya mengakibatkan ketertinggalan di bidang ekonomi. Manusia yang tidak berkualitas atau bodoh akan menjadi beban bagi negara. Akibat lain yang mungkin terjadi adalah rendahnya pertumbuhan ekonomi negara.

d. Kependudukan

Masalah kependudukan yang umum dihadapi oleh negara Indonesia dan negara negara tetangga adalah jumlah penduduk yang besar, pertumbuhan penduduk yang tinggi, kepadatan penduduk yang tinggi, persebaran penduduk, serta masalah masalah yang berkaitan dengan kualitas penduduk, seperti tingkat pendidikan, tingkat kesehatan dan tingkat pendapatan penduduk yang masih rendah. Masalah masalah kependudukan harus diatasi. Sebagai contoh, dengan menerapkan program keluarga berencana (KB) untuk menekan pertumbuhan penduduk yang tinggi, sedangkan masalah persebaran dan kepadatan penduduk dapat diatasi dengan program transmigrasi.

e. Lingkungan Hidup.

Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang berada di sekitar kita atau segala hal yang berada di sekeliling makhluk hidup yang mempengaruhi kehidupan. Masalah masalah yang berkaitan dengan lingkungan hidup adalah adanya kerusakan lingkungan sebagai akibat dari adanya kegiatan manusia. Contoh, kerusakan lahan, kerusakan hutan, dan berbagai bentuk pencemar lingkungan

2. Sikap waspada Terhadap Masalah Sosial di Indonesia dan Negara Negara Tetangga

Masalah masalah yang terjadi di negara kita dan negara negara tetangga harus kita diwaspadai dan secara bersama sama harus dicarikan solusinya. Beberapa contoh sikap waspada dan peran serta masyarakat serta pemerintah dalam upaya mengatasi masalah masalah sosial dapat dijabarkan sebagai berikut

a. Melaksanakan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok pelosok desa
b. Meningkatkan rasa kepedulian sosial terhadap sesama terutama pada masyarakat yang membutuhkan
c. Menciptakan lapangan kerja baru dengan membuka proyek proyek pada karya
d. Membangun rumah rumah murah untuk rakyat
e. Meningkatkan keamanan dan keharmonisan di lingkungan masyarakat
f. Meningkatkan keurkunan dan pengembangkan sikap toleransi dalam masyarakat.
g. Meningkatkan pendapatan nasional dengan cara memanfaatkan sumber alam secara masimal dalam berbagai sektor

sumber artikel : sekolah

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter