Mengamalkan Nilai Nilai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari Hari

Mengamalkan Nilai Nilai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari Hari -Peristiwa sumpah pemudah mengajarkan mengenai nilai nilai persatuan dan kesatuan bangsa. peristiwa sumpah pemuda juga membuktikan bahwa berbagai perbedaan dapat disatukan. Sumpah pemuda memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa indonesia. Oleh karena itu, seluruh masyarakat indonesia harus meneladani sikpa dan perilaku para pemuda yang telah berhasil mengikrarkan Sumpah pemuda.


Mengamalkan Nilai Nilai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari Hari
source img : iberita.com

Cara meneladani sumpah pemuda adalah dengan cara mengamalkan nilai nilai sumpah dalam kehidupan sehari hari baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat. berikut ini bentuk pengamalan sumpah pemuda dalam kehidupan sehari hari.

1). Lingkungan Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan terdekat kita. dalam keluarga pasti terdapat perbedaan. sebagai satu kesatuan keluarga, kita tidak boleh memaksakan kehendak kepada anggota keluarga. perbedaan yang ada harus dihargai. Contoh contoh pengamalan nilai sumpah pemuda di lingkungan keluarga "

a). Menjaga kerukunan di rumah
b). berbagi tugas dengan semua anggota keluarga
c). membantu orang tua
d). menyelesaikan masalah keluarga dengan baik dan bijak

2). Lingkungan Sekolah

Sekolah merupakan tempat mencari ilmu. di sekolah kita dapat belajar berbagai bentuk nilai nilai yang terpuji. Disekolah, kita mempunyai banyak teman yang berasal dari suku yang berbeda dengan kita. Ada juga yang berbeda agam dan jenis kelamin. namun segala perbedaan yang ada bukanlah halangan untuk berteman dengan teman yang lainnya. Perbedaan yang ada sebaiknya kita jaga supaya selalu tercipta persatuan dan kesatuan bagaimana sikap kalian dalam menjaga persatuan dan kesatuan di sekolah? Berikut adalah pengamalan pengalaman nilai nilai sumpah pemudah dalam kehidupan sehari hari

a). Tidak membeda bedakan teman
b). Membentuk kelompok belajar
c). memperhatikan guru saat pelajaran
d). Melaksanakan tugas piket

Selain sikap sikap sikap diatas, kita juga harus mem ditaati dan dipatuhi oleh semua siswa. salah satu peraturan sekolah yang harus di taati oleh siswa adalah memakai seragam yang rapi dan lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagai siswa, juga harus aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. kegiatan ekstrakurikuler apa saja yang ada disekolah kalian? di sekolah biasanya ada berbagai kegiatan ekstrakurikuler, seperti pramuka, UKS , koperasi sekolah, klub olahraga dan kelompok kesenian

Tujuan diadakannya kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk memfasilitasi minat para siswa yang memberikan kesempatan pada siswa untuk berlatih dan berkarya sehingga mampu mengembangkan kepribadiannya.

3). Lingkungan Masyarakat

Manusia merupakan makhluk individu dan juga makhluk sosial. manusia hidup memerlukan bantuan orang lain. manusia hidup di lingkungan masyarakat dalam lingkungan masyarakat terdapat banyak perbedaan perbedaan yang ada harus di hargai. sebagai bagian dari masyarakat, kita harus bergaul dengan baik, salah satu sikap yang hariis dikembangkan adalah tenggang rasa. tenggang rasa merupakan sikap seseorang untuk ikut merasakan penderitaan orang lain, berikuti ini contoh contoh pengamalan nila nilai sumpah pemuda di lingkungan masyarakat

a). Mengikuti kegiatan gotong royong

Gotong royong adalah bekerja bersama sama atau saling menolong dalam mengerjakan sesuatu.Kegiatan yang dilakukan secara gotong royong antara lain :

  • menjaga keamanan lingkungan masyarakat
  • membangun fasilitas umum
  • menjaga kebersihan keindahan dan kelestarian alam.
b). Menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah

pernahkan di tempat tinggal kalian diadakan musyawarah? musyawarah adalah proses pembahasan suatu persoalan dengan maksud mencapai keputusan bersama.

Mengamalkan Nilai Nilai Sumpah Pemuda dalam Kehidupan Sehari Hari - mungkin itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, apabila itu benar datangnya dari tuhan yaitu Allah swt. sumber sumber yang saya dapat dari blog ini adalah sebagian dari buku dan sebagaian website lain. dan disini kita mempunya sejarah sejarah tentang sumpah palapa , Terjemahan Isi Sumpah Palapa