Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM)

Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) - Dalam kehidupan sehari hari, kalian tentunya sering mendengar dan melihat peristiwa peristiwa seperti pembunuhan pemerkosaan, perampokan dan lain sebagainya.mungkin kalian pernah melihat seorang pembantu rumah tangga yang dicaci maki oleh majikannya karena telah melakukan kesalahan. seorang siswa yang di hardik oleh teman temannya , dan sebagainya. semua peristiwa itu merupakan peristiwa pelanggaran HAM

Setiap manusia pasti mempunyai hak asasi, akan tetapi hak asasi yang dimiliki oleh manusia di batasi oleh hak asasi manusia lainnya. dengan demikian tidak ada seorang pun yang diperbolehkan untuk melanggar hak asasi orang lain. akan tetapi dalam kenyatannya manusia suka lupa diri, bahwa di sekitarnya terdapat manusia yang mempunyai kedudukan yang sama dengan dirinya. Namun dengan ketamakannya, manusia sering melabrak hak asasi sesamanya dengan alasan yang tidak jelas

Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia

1. Faktor Internel : Yaitu dorongan untuk melakukan pelanggaran HAM yang berasa dari diri pelaku pelanggar HAM, diantaranya Adalah :

a). Sikap egois atau terlalu mementingkan diri sendiri
b). Rendahnya kesadaran HAM
c). Sikap tidak toleran

2. Faktor Eksternal : Yaitu faktor faktor di luar diri manusia yang mendorong seseorang atau sekelompok orang melakukan pelanggaran HAM, diantaranya Sebagai berikut :

a). Penyalahgunaan kekuasaan
b). Ketidaktegasan Aparat penegak Hukum
c). Penyalahgunaan Teknologi
d). Kesenjangan sosial dan ekonomi yang tinggi

Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) - Mungkin itu hanya sebagian kecil dari dalam diri seseorang dan faktor dari luar. terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat tolong di sebarkan yah, agar yang lain tau dan tidak ikut melakukan pelanggaran HAM, apabila ada salah salah kata tolong di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Dan sumber ini saya ambil dari buku Kelas 2 SMA saya.