Biaya Hidup Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah (UINJKT)

Biaya Hidup untuk anak rantau di UIN Syarif Hidayatullah (UINJKT/Tanggerang Selatan) - Halo teman teman sekalian. gimana kabarnya semua? semoga kalian dalam lindungan Allah Swt. yah. aku disini ingin berbagi cerita nih seputar kehidupan mahasiswa uin syarif hidayatullah atau yang sering disebut oleh kebanyakan orang adalah uinjkt. Bagaimana sih kehidupannya, bagaimana sih biaya hidupnya, gimana sih cari kostanya, atau yang berhubungan dengan perkuliahan. Nah, nanti akan saya bahas nih menurut pengalaman saya selama berkuliah.

 source img : pendaftaranonline.web.id

Banyak anak rantau yang mengkhawatirkan hidup di kota itu sangatlah besar biayanya. Terlebih lagi uin jkt ini adalah universitas yang berdekatan dengan atau ber irisan dengan kota tanggerang dan kota jakarta. pasti kalian mikir nih hidup di jakarta itu biaya nya mahal banget kan. mari kita ulas dalam artikel ini.

1. Biaya Hidup Sebenarnya Relatif. (Mau kota besar atau kota lain)

Yang pertama kali saya tekankan adalah kuliah itu butuh biaya, biaya hidup atau uang kuliah atau biaya biaya lainnya yang memang harus ditanggung oleh setiap mahasiswa. terlebih lagi biaya hidup yang memang sering kali membuat kita pusing tujuh keliling, karena kita harus survive dengan keadaan atau kondisi lingkungan padat penduduk di sini.

Untuk makan sekitaran uinjkt pun relatif sedang (tidak murah banget, tidak mahal banget) karena banyak varian makanan yang disediakan disekitaran uinjkt. Bila kalian bertempat di sekitaran kampus 1 uinjkt, maka kalian akan disuguhkan dengan makanan makanan/ jajanan yang cukup mengocek isi dompet kalian karena banyak sekali makanan yang enak enak (ada namanya pintu doraemon, mereka bilangnya gitu) di pintu doraemon ini bisa dibilang ya sedang karena rentan harga makanannya itu sekitar rp.5.000 - rp. 30.000.

Untuk harga harga yang disediakan pun memang tergantung kekuatan ekonomi individu, tidak bisa disama ratakan. Bila kalian yang berkecukupan, saya sarankan makannya diwarteg/warsol. karena akan sangat sangat menghemat isi dompet kalian. Bila kalian bertempat disekitaran kampus 2 uinjkt, maka kalian akan lebih senang pastinya karena dekat dengan berbagai makanan warteg dan warsol. Makanan yang disediakan warteg dan warsol pun berbeda loh.

Untuk warteg harga nasi satu porsi nya rp. 4000 dan teh manis rp. 4000 (wadooooo wkwkwk, minumnya air putih aja yang banyak ngambilnya, minum sepuasnya) varian lauknya rentan harga rp. 1000 - 8.000. Untuk Warsol (ini nih tempat favorit saya karena murah wkwkwk) disediakan harga nasi satu porsi rp.3.000 dan rentan harga lauk rp. 1.000 - rp. 6.000.

Dimana aja sih warteg dan warsol itu? disekitaran kampus 1/2 uinjkt, bila ditengok dekat gapura kampus 2. pinggir kanan udah makanan itu banyak. Jadi buat kalian yang perut karet jangan takut ga bisa dapet makanan di sekitaran kampus uinjkt, karena buanyak sekali makanan yang ada. Tapi yang jadi masalah itu budgetnya, ada apa ngga wkwk, jadi pintar pintar kalian lah supaya bisa makan ampe akhir bulan, jangan pas udah tengah bulan udah minta lagi aja ke orang tua. Iya kalo orang tua kalian mau ngasih, kalo ngga. makan promag aja udah sama okky jelly drink sehari.

Kalo untuk beras itu sekitar rp.8.000-rp.10.000, banyak warungnya juga kok disekitaran kampus 1 dan kampus 2 jadi ga perlu khawatir bagi kalian yang suka nyemil dimalam hari kan, tiba tiba perut kosong langsung aja ke warung. Laundry? ada kok, apalagi? pokoknya disekitaran kampus lingkungannya memang memadai bagi kalian anak rantau.

2. Dimana aja sih tempat kost/kontrakan dan harganya?

Untuk tempat kost atau kontrakan itu banyak, ga usah khawatir kalian akan tidur dijalanan, karena di sepanjang jalan uinjkt pun pasti ada. lokasi lokasi yang saya tau ada di gang doraemon tadi, di belakang uin kampus 1, di belakang uin kampus 2. di sepanjang jalan depan uin kampus 2. itu yang dekat kampus ya dan yang tidak membawa kendaraan jadi bisa menghemat dan mengefesienkan waktu yang ada. kalau yang jauh jauhnya juga ada, tinggal cari kenalan aja bisa kok. (Coba tolong itu gimana aja harga harganya). Harga tergantung fasilitas, kalo fasilitasnya ada wifi/ac/kamar mandi dalem, jangan harap harganya cuman rp. 400.000 ribuan kecuali itu punya buapak mu.

Untuk bisa mendapatkan fasilitas fasilitas seperti wifi/ac/kipas angin/tv itu kira kira harganya memang lumayan nyelekit dihati. karena kita yang tadinya mau kuliah berharap untung, jadi buntung (kalo kalian mampu ya silahkan pilih yang ini). Sekitar rp. 800.000 hingga rp. 1,500.000. (itu untuk kelas borjuis). kalo kelas yang agak sedang itu masih banyak juga rentan harga sekitar rp. 500.000 - rp.800.000. Kalau kontrakan rata rata ngambilnya pertahun. rentan harga rp. 3.000.000 - 8.000.000

Saya sarankan untuk bisa berdua ngekostnya atau rame ramean ngontraknya karena akan sangat menghemat pengeluaran biaya kalian, mangkanya langsung sok akrab aja udah ama teman sebelah ngajakin main bareng atau ngekost bareng.

3. Biaya UKT UINJKT itu gimana sih bang?

Biaya UKT UINJKT itu tergantung kalian ngambil fakultas apa dan jurusan apa. akan saya tampilkan foto ukt uin jkt.


Untuk biaya semacam fotocopy atau print atau jilid, pokoknya berhubungan dengan tugas tugas kalian itu sih tergantung seberapa banyak aja. sama aja kok harga nya, malah ada yang memang bener bener murah untuk fotocopy atau printnya karena tau kita anak kostan kan yang cuman dikasih berapa ama orang tua dan harus berjuang ampe 4 tahun atau bisa kurang dan bisa lebih.

4. Lingkungan Mahasiswa

Jujur disini kekeluargaannya itu emang bener bener kentel karena kita disatukan atas dasar nama islam (wee cuih gaya lu). kating katingnya baik baik. gatau ya kalo prodi lain karena aku prodi psikologi hahaha, terus lingkungannya juga mendukung banget kalian buat mengembangkan diri karena banyak orang orang hebat yang ada didalanya.

Kalian bisa ikut organisasi BEM. Senat, HMJ, UKM, atau kalian bisa mengikut kegiatan tambahan yaitu ekstra (HMI, PMII).  Mungkin itu aja sih pengalaman aku sebagai mahasiswa psikologi uinjkt. bila kalian ingin tau lebih lanjut kehdupan di uinjkt bisa chat aku lewat line atau lewat wa. (line aku : bwabwa12 dan nomor wa aku  089652348744 bisa juga follow instagram aku : @harafimulki). See you pejuang uinjkt !!!!


Tag : Kisah
Back To Top