-->

Perbedaan Antara Khutbah, Tablig, dan Dakwah

Perbedaan Antara Khutbah, Tablig, dan Dakwah - Makna khutbah, tablig, dan dakwah hampir sama, yaitu menyampaikan pesan kepada orang lain. Secara etimologi (lugawi/bahasa), makna ketiganya dapat diuraikan sebagai berikut :


"Baca Juga"
Adab dan Metode Menyampaikan Dakwah
Macam Macam Strategi Dakwah Islam di Nusantara 
1. Khutbah berasal dari kata Khotoba - Yakhthubu-Khuthbah- bermakna memberi nasihat dalam kegiatan ibadah seperti : Salat (salat jum'at, idul fitri, Idul Adha, Istisqo, Kusuf). wukuf dan nikah. Menurut istilah. Khutbah berarti kegiatan ceramah kepada sejumlah orang islamdengan syarat dan rukun tertentu yang berkaitan langsung dengan keabsahan atau kesunahan ibadah. Misalnya khutbah jum'at untuk salat jum'at, khutbah nikah untuk kesunahan akad nikah. Khutbah diawali edengan hamdallah, salawat, wasiat taqwa dan do'a

Perbedaan Antara Khutbah, Tablig, dan Dakwah
source img : prayerinislam.com

2. Tablig berasal dari kata: ballagho-Yuballigh-Tabliygho yang berarti menyampaikan, memberitahukan dengan lisan. Menurut iistilah, tablig adalah kegiatan menyampaikan 'pesan' Allah Subhanahuwata'ala secara lisan kepada satu orang islam atau lebih untuk diketuahi dan diamalkan isinya. Misalnya, Rasulullah shollaullahu'alaihi wassallam memerintahkan kepada sahabat yang datang di majeslinya untuk menyampaikan suatu ayat kepada sahabat yang tidak hadir.

Dalam pelaksaan tablig, seorang mubaligh (orang yang menyampaikan tablig) biasanya menyampaikan tablig-nya dengan gaya dan retorika yang menarik. Ada pula istilah tablig akbar, yaitu kegiatan menyampaikan "pesan" Allah Subhanahuwata'ala dalam jumlah pendengar yang cukup banyak

3. Dakwah berasal dari kata: Da'aa-Yad'uu-Da'wiy- yang berarti memanggil, menyeru, mengajak pada sesuatu hal. Menurut istilah, dakwah adalah kegiatan mengajak orang lain, seseorang atau lebih ke jalan Allah Subhanahuwata'ala secara lisan atau perbuatan. Di sini dikenal adanya da'wah billiisan dan da'wah bilhal. Kegiatan dakwah bukan hanya ceramah, tetapi juga aksi sosial yang nyata. Misalnya, santunan anak yatim, sumbangan untuk membangun fasilitas umum dan lain sebagainya.

Perbedaan Antara Khutbah, Tablig, dan Dakwah - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, apabila kalian ingin mengcopy paste artikel ini mohon diberikan rujukan kepada website ini dengan url link yang tersedia.

Sumber artikel :

Buku Kemendikbud Pendidikan Agama Islam kelas 11 SMA
dengan rincian :

Penulis : Mustahdi dan Mustakim
Penelaah : Asep Nursobah dan Ismail
Pereview : Evi Zahara
Penyelia penerbitan : Pusat kurikulum dan perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter