Bentuk Perubahan Perilaku Masyarakat di Era Globalisasi

Pengertian Globalisasi dan Bentuk Perubahan Perilaku Masyarakat di Era Globalisasi - Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan sasi adalah proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut bahasa berarti "Proses sesuatu yang mendunia" Secara umum, Pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas batas wilayah. Setiap individu dapat terhubung dengan siapa saja yang ada dibelahan bumi ini dan terjadi penyebaran informasi dan komunikasi melalui media cetak dan elektronik yang mendunia.

Bentuk Perubahan Perilaku Masyarakat di Era Globalisasi
source img : https://www.dream.co.id
Berkembangnya Globalisasi sampai saat ini sangat didukung oleh kemajuan dan perkembangan teknologi dan informasi. Internet, televisi, telepon, dan sarana transportasi mempermudah globalisasi. Globalisasi ditandai dengan perkembangan teknologi komunikasi, informasi dan transportasi. Oleh karena itu, globalisasi telah membawa perubahan perilaku terhadap kehidupan masyarakat, baik di bidang politik, ekonomi, maupun budaya.

Globalisasi telah membawa pengaruh yang luas terutama perubahan perilaku masyarakat dalam berbagai hal. Misalnya, gaya hidup, perjalanan, komunikasi, makanan, pakaian, nilai nilai dan tradisi.

Bentuk Perubahan Perilaku Masyarakat di Era Globalisasi :

A. Gaya Hidup

Arus globalisasi juga berdampak pada gaya hidup, baik itu dampak negatif maupun positif. Arus globalisasi berdampak negatif pada masyarakat, misalnya gaya masyarakat sehari hari cenderung bergaya hidup mewah. Gaya hidup mewah yaitu misalnya suka makan di restoran, di kafe, suka belanja di mall dan di supermarket, naik mobil pribadi. Gaya hidup mewah tersebut biasa mereka tiru karena seringnya menonton sinetron atau film dari luar negeri.

Selain menimbulkan dampak negatif, globalisasi juga memberikan dampak positif di bidang gaya hidup. Bentuk rumah yang minimalis di negara lain menjadi inspirasi masyarakat indonesia untuk menirunya. Rumah minimalis dibuat untuk menghemat biaya pembangunan serta karena terbatasnya lahan. Seni tata ruang kota yang juga dapat ditiru oleh pemerintah indonesia.

B. Transportasi

Bagi masyarakat sekarang, menempuh jarak yang jauh tidaklah menjadi kendala. Berbagai sarana angkutan sudah tersedia dari yang sederhana sampai yang canggih. Di era globalisasi ini, pergerakan orang dan barang makin cepat dan mudah. Teknologi transportasi yang berkembang dengan pesat memberikan pelayanan prima.

Inilah dampak positif dari arus globalisasi di bidang transportasi. Trasportasi darat, seperti bus, kereta api, dan sebagainya. Sedangkan, transportasi udara, yakni pesawat terbang memungkinkan perjalanan jarak jauh dengan waktu tempuh yang singkat.

C. Komunikasi

Komunikasi merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan. Dengan perkembangan zaman sampai pada era globalisasi, komunikasi mengalami perkembangan yang sangat cepat. Jika kita dulu harus menggunakan surat untuk berkomunkasi dengan keluarga dan kerabat yang jauh atau dengan cara mengirim telegra, yang kedua hal itu dibutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai ke orang yang kita tuju.

Namun sekarang kita sudah dapat menikmati teknologi komunikasi modern seperti telepon, handphone, internet dan lainnya. Kita tidak usah menunggu beberapa hari untuk dapat menyampaikan pesan kita kepada orang lain di tempat yang jauh. Cukup dengan menelpon kita dapat mendengar suaranya secara langsung.

Teknologi informasi juga mempermudah kita untuk menemukan informasi informasi yang kita perlukan. Dengan adanya internet kita dapat dengan mudah menemukannya. Ini adalah salah satu keuntungan dampak globalisasi.

Disisi lain dari perkembangan komunikasi seperti ini, banyak terjadinya penipuan penipuan yang meresahkan masyarakat. Oknum oknum yang memanfaatkan komunikasi hanya akan mengambil keuntungan sepihak tanpa memikirkan korbannya.

D. Pakaian

Arus globalisasi juga berdampak pada jenis dan model pakaian. Dengan arus globalisasi, pakaian dengan mode yang sama dipakai oleh orang di berbagai belahan dunia. Contohnya adalah celana jeans. Celana jeans sudah mengglobal. Dalam kehidupan sehari hari, dimana saja baik itu laki laki ataupun perempuan sudah terbiasa memakai celana jeans.

Padahal dulunya, jenis celana ini hanya digunakan oleh orang orang tertentu dan di tempat tempat tertentu. Begitu juga dengan baju kaos, yang lazim di sebut T-shirt. Jenis pakaian ini sudah menjadi pakaian yang biasa dan dapat ditemukan di mana saja.

E. Makanan

Masyarakat indonesia yang ada di kota kota besar banyak yang mengonsumsi makanan yang sebenarnya berasal dari negara lain seperti ayam goreng (fried chicken), pizza, spaghetti, dan hamburger. Mereka lebih bangga atau menyukai makanan tersebut daripada makanan khas indonesia seperti nasi gudeg, nasi gandul, nasi pecel dan lain sebagainya.

F. Tradisi

Tradisi yang berlangsung di masyarakat lama kelamaan luntur. Masyarakat sudah tidak begitu mengikuti tradisi yang ada. Sebaliknya, masyarakat khususnya generasi muda cenderung menyukai adat dan tradisi asing. Misalnya, lagu pop dari Eropa atau Amerika, lebih disukai daripada lagu daerah atau lagu nasional.

Demikian juga pakaian, generasi muda lebih suka memakai pakaian ala barat daripada pakaian tradisional. Upacara adat pernikahan banyak dipengaruhi budaya asing. Mereka banyak menyukai pakaian pengantin bargaya dari eropa.

G. Nilai nilai

Sebelum terjadi berbagai kemajuan pesat akibat pengaruh globalisasi, masyarakat kita sangat menghargai dan menerapkan nilai nilai dan norma norma yang berlaku sebagai masyarakat timur. Nilai dan norma yang ditanamkan oleh nenek moyang kita adalah nilai nilai dan norma norma yang luhur, seperti sopan santun, tata krama, kerukunan dan sebagainya. Oleh karena itu, kehidupan masyarakat berlangsung secara teratur, alamiah, dan damai. Setelah terjadi arus globalisasi, nilai nilai dan norma norma yang berlaku mulai bergeser.

Akibat pengaruh teknologi dan budaya asing, nilai nilai dalam kehidupan kemasyarakatan seperti nilai kerukunan dan gotong royong sekarang ini sudah mulai luntur. Apalagi di kota kota besar nilai nilai semacam ini sudah jarang ditemui. Mereka hidup dengan sendiri sendiri. Namun di pedesaan nilai nilai seperti itu masih tampak. Dampah negatifnya masyarakat cenderung lebih bersifat individualisme.

Bentuk Perubahan Perilaku Masyarakat di Era Globalisasi - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Dan apabila itu benar datangnya dari Allah. Terimakasih kepada buku yang sudah saya pinjam dan saya bagikan informasi ini untuk pengetahuan kalian semua. Sekian dan terimakasih.