Monday, February 6, 2017

Produk Pangan Khas Daerah Hewani

Produk Pangan Khas Daerah Hewani - Beberapa contoh produk pangan khas daerah hewani yang ada di indonesia misalnya telur asin, dadih, ikan asin, dan rendang. Keempat produk ini sudah cukup dikenal di indonesia, dan masih dapat terus dikembangkan, baik mutu produknya maupun kemasannya.

A. Telur Asin

source img http://www.likethisya.com/cara-membuat-telur-asin-mudah-dan-enak.html
Telur Asin adalah makanan yang berbahan baku telur (mayoritas telur itik), yang dilakukan proses pengawetan dengan cara penggaraman atau diasinkan. Penambahan garam bertujuan untuk mengawetkan produk dan memberi cita rasa khas pada telurnya. Setelah dilakukan penggaraman, telur tersebut menjadi awet sampai 30 hari pada suhu ruang. Telur asin dikenal sebagai makanan khas daerah Brebes-Jawa Tengah, meskipun banyak daerah lain yang juga sudah membuatnya.

Telur asin yang ada saat ini dapat ditingkatkan salah satunya dengan memastikan ketersediaan bahan bahan baku telur bebek dengan ukuran yang seragam dan mutu yang baik. Bahan baku yang baik harus diolah dengan tepat agar memiliki tingkat keasinan yang konsisten dan disesuaikan dengan selera pasar. Pengemasan yang baik dan menarik akan meningkatkan daya saing produk telur asin tersebut.

B. Dadih

source img : https://en.wikipedia.org/wiki/Dadiah#/media/File:Dadiah2.jpg

Dadih atau dadiah merupakan hasil fermentasi secara alamiah air susu kerbau dalam tabung bambu yang sudah lama dihasilkan di Sumatra Barat (Azima et. al., 1999) dan Jambi (Sunarlim, 2009). Dadih merupakan produk fermentasi yang sangat kaya akan nilai gizi. Tantangan dan peluang peningkatan mutu produk dadih, di antaranya dengan inovasi rasa agar lebih disukai oleh banyak kalangan, proses produksi agar lebih higienis dan efisien, serta pengawetan dan pengemasan yang lebih baik.

C. Ikan Asin

source img : wikipedia.org
Ikan asin adalah ikan laut yang diawetkan dengan penambahan garam dan penjemuran untuk mengurangi kadar airnya. Ikan asin merupakan makanan khas terutama daerah pantai, yang dekat dengan sumber bahan bakunya. Ikan asin dapat ditemukan hampir disetiap daerah di Indonesia. Saat sangat disayangkan masih banyak ikan asin yang diolah dengan menggunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang tidak diijinkan dan jumlah yang berlebih.

Peluang wirausaha ikan asin adalah memproduksi ikan asin yang lebih higienis dan sehat serta juga membuat ikan asin yang Ready To Eat (RTE) agar konsumen langsung dapat mengkonsumsinya tanpa harus mengolahnya. Saat ini banyak konsumen lebih menyukai yang praktis dan terdapat pula konsumen yang tidak menyukai bau yang ditimbulkan saat memasak ikan asin di rumah.

D. Rendang

source img : www.pinterest.com

Rendang adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi, mempunyai cita rasa pedan, yang dalam pembuatannya diperkaya dengan campuran dari berbagai bumbu dan rempah rempah, terutama cabe merah dan kelapa. Rendang semula adalah makanan khas Padang-Sumatra Barat, tetapi saat ini sangat mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia bahkan dunia, karena cita rasanya yang relatif disukai oleh berbagai kalangan konsumen. Peluang pemgembangan rendang adalah penyediaan rendang dengan berbagai level tingkat kepedasan, peningkatan mutu yang lebih baik dan seragam, serta peningkatan keawetan dengan bantuan pengemasan yang lebih baik

Produk Pangan Khas Daerah Hewani - Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, terimakasih kepada buku pelajaran saya, karena sudah membantu dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Sekian dan terimakasih