Macam Macam Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa

Macam Macam Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa di Masyarakat - Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan. Para pekerja akan mendapatkan gaji sebagai balas jasa dari pihak perusahaan, dan jumlahnya tergantung dari jenis profesi yang dilakukan. (wikipedia)

Macam Macam Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa
source img : https://nindyaayubunga.wordpress.com/

Tidak semua orang bekerja menghasilkan barang. Ada juga orang yang bekerja menghasilkan jasa. Jasa adalah pemenuhan kebutuhan manusia yang bersifat bukan benda atau materi. Pekerjaan yang menghasilkan jasa, berkaitan dengan manfaat yang dapat dijual kepada orang lain. Orang yang berusaha di bidang jasa akan mendapat penghasilan dari jasa yang diberikan kepada orang lain.

Macam Macam jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa, yaitu pedagang, guru, dokter, polisi, penjahit, sopir, perawat, montir, dan tukang cukur.

a. Pedagang

Pedagang adalah orang yang mencari keuntungan dengan melakukan kegiatan jual beli barang dagangan. Pedagang dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

1. Pedagang Besar (grosir) adalah pedagang yang menjual barang dagangan dengan jumlah besar kepada pembeli (konsumen) contohnya supermarket dan agen.
2. Pedagagng eceran adalah pedaganga yang menjual dagangannya secara eceran (jumlah kecil) kepada konsumen. Contohnya warung, kios, toko, ruko dan pedagang asongan.

Pedagang memerlukan keahlian khusus, antara lain :

1. memilih barang dagangan yang sesuai dengan selera pembeli;
2. membeli barang dagangan yang murah, tetapi baik;
3. pandai dalam menawarkan barang dagangannya kepada pembeli.

b. Guru

Guru bertugas mengajar, mendidik, membimbing, melatih, dan membina murid muridnya. Guru sangat berjasa dalam mencerdaskan bangsa. Kebodohan tidak adal agi karena jasa guru. Guru harus kita hormati. Guru adalah orang tua kita di sekolah. Menghormati guru berarti menghormati orang tua.

c. Dokter

Tugas utama dokter adalah mengobati orang yang sakit. Seorang dokter bekerja atas panggilan kemanusiaan. Seorang dokter tidak akan menolak jika ada orang sakit datang ke rumahnya untuk meminta tolong, walaupun hari sudah larut malam. Kadang kadang seorang dokter bertugas di tempat tempat terpencil yang jauh dari keramaian, jauh dari sanak saudara, jauh dari tetangga demi mengemban misi kemanusiaan.

Ada dua jenis dokter, yaitu dokter umum dan dokter spesialis. Dokter umum adalah dokter yang menangani gejala dan penyakit. adapun dokter spesialis adalah dokter dengan kemampuan khusus dalam penyakit tertentu. Misalnya, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis anak, dokter spesialis penyakit dalam, dan sebagainya. Untuk dokter spesialis biasanya lebih menguasai masalah masalah khusus yang berhubungan dengan bidang kemampuan khusus yang dimilikinya.

d. Polisi

Polisi bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Ada yang ditugaskan menjaga ketertiban lalu lintas. Mereka bertugas di jalan raya, dan di tempat tempat ramai yang dilalui pemakai jalan. Ada juga polisi yang ditugaskan menyamar sebagai masyarakat biasa, agar tidak diketahui oleh masyarakat umum. Selain itu, agar mudah untuk menangkap penjahat.

Ada polisi yang ditugaskan pada kantor kantor atau bank. Bertugas untuk menjaga keamanan masyarakat yang sedang ada keperluan di kantor atau bank dan sebagainya. Pada intinya, mereka ditugaskan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, menciptakan hidup tenteram, tenang, dan terbebas dari rasa takut atau khawatir dari gangguan keamanan dan tidak kriminalitas.

e. Penjahit

Penjahit bekerja membuat atau memperbaiki pakaian. Pelanggan yang membuat pakaian di penjahit, akan memberikann upah sebagai balas jasa kepada tukang jahit. Untuk menjadi tukang jahit yang profesional, terlebih dahulu seseorang harus belajar keterampilan menjahit. Seseorang yang memiliki keahlian menjadi namanya modiste. Seseorang calin penjahit belaajar untuk beberapa lama, tergantung kemampuan seseorang dalam menerima pelajaran.

Seorang penjahit akan mendapat banyak pelanggan, jika dapat memberikan pelayanan yang baik. Contoh pelayanan ynang baik yaitu ramah, membuat pakaian dengan model yang bervariasi dan seseuai pesanan pelanggan.

f. Sopir

Sopir bekerja menjalankan mobil. Ada dua macam sopir, yaitu sopir yang mengangkut barang dan sopir yang menangkut penumpang. Biasanya mobil yang digunakan untuk mengangkut barang adalah truk. Sopir truk ini ditemani oleh seorang kernet. Sopir truk mendapat penghasilan setelah mengantarkan barang ke tempat tujuan seseuai permintaan pemiliknya. Ada truk yang sangat besar namanya tronton. Tronton bisa mengangkut barang yang sangat banyak.

Sementara sopir yang mengangkut penumpang juga ada dua, yaitu sopir pribadi dan sopir omprengan. Sopir pribadi tugasnya mengatar, menjemput seseorang atau anggota keluarga ke tempat yang diinginkan. Sementara sopir omprengan ada yang menyopir mobl kecil yaitu hanya memuat 12 penumpan, ada yang dapat mengangkut 25 hingga 50 penumpang.

g. Perawat

Nama lain perawat adalah suster. Tugas utama suster adalah membantu dokter untuk merawat pasien. Misalnya, mengukur tensi pasien, menyuntik pasien, memerban luka pasien, memberikan obat kepada pasien, dan sebagainya.

Seorang perawat harus terlebih dahulu belajar di sekolah perawat kesehatan (SPK) atau akademi keperawatan (akper). Selama dalam pendidikan, mereka dididik dan dilatih bagaimana menangani pasien, merawat pasien, dan bagaimana melayani pasien. Dengan demikian setelah mereka bekerja sebagai perawat, benar benar sudah mampu menjalankan tugasnya dengan baik

Perawat biasanya berseragam. Biasanya seragam berwarna putih. Kesabaran dan keramahan perawat bisa membuat pasien semangat, dan akhirnya cepat sembuh. Perawat yang baik adalah perawat yang merawat pasiennya dengan sabar dan perhatian.

h. Montir

Montir bekerja di bengkel. Mereka bekerja memperbaiki motor atau mobil yang rusak atau kurang pas untuk dipakai. Biasanya orang membawa kendarannya ke bengkel karena kendaraannya mengalami kerusakan.

Setelah para montir atau mekanik mengerjakan tugasnya memperbaiki kendaraan, mereka menerima upah sebagai imbalan jasa mereka memperbaiki kendaraan tersebut. Untuk menjadi montir perlu keterampilan khusus. Jika kalian ingin menjadi montir setelah lulus sekolah menengah kalian sebagaiknya melanjutkan ke STM (sekolah Teknik Mesin). Selain itu, kalian juga akan mengikuti kursus montir.

i. Tukang cukur

Tukang cukur bekerja merapikan atau menata rambut para pelanggan. Biasanya para tukang cukur akan mendapatkan pelanggan yang banyak, jika mereka bisa mengerjakan pekerjannya dengan rapi, selain itu. Menguasai model rambut yang bervariasi sesuai dengan permintaan pelanggan. Untuk itu seorang tukang cukur mendapatkan keterampilan bukan berasal dari sekolah keterempilan, tetapi karena kebiasaan atau turun temurun.

Misalnya, orang tuanya seorang tukang cukur karena dengan kebiasannya melihat orang tuanya bekerja, ia dapat mencukur juga. Namun, untuk menjadi tukang cukur yang profesional sebaiknya terlebih dahulu belajar keterampilan mencukur di lembaga keterampilan.

Selain pekerjaan yang tertera diatas masih banyak lagi pekerjaan yang menghasilan kasa. Misalnya, tukang pos, tukang ojek, pilot, ilmuwan, pemandu swasta, dan sebagainya. Macam Macam Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa - Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan. Sekian dan terimakasih