Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah - Jual beli menurut bahasa artinya pertukaran atau saling menukar. Sedangkan menurut pengertian fikih, jual beli adalah menukar suatu barang dengan barang yang lain  dengan rukun dan syarat tertentu. Jual beli juga dapat diartikan menukar uang dengan barang yang diinginkan sesuai dengan rukun dan syarat tertentu. Setelah jual beli dilakukan secara sah, barang yang dijual menjadi milik pembeli sedangkan uang yang dibayarkan pembeli sebagai pengganti harga barang, menjadi milik penjual.

Apakah di sekitar tempat tinggal kalian terdapat toko atau warung? Apakah rumahmu berdekatan dengan pasar? Warung, toko, pasar merupakan tempat tempat di sekitar tempat tinggal kita yang digunakan untuk kegiatan jual beli.

Pada masa sekarang, cara melakukan jual beli mengalami perkembangan. Di pasar swalayan ataupun mall, para pembeli dapat memilih dan mengambil barang yang dibutuhkan tanpa berhadapan dengan penjual. Pernyataan penjual (ijab) diwujudkan dalam daftar harga barang atau label harga pada barang yang dijual sedangkan pernyataan pembeli (kabul) berupa tindakan pembeli membayar barang-barang yang diambilnya.

1. Warung

Warung merupakan tempat kegiatan jual beli di lingkungan rumah. Di warung terdapat penjual yang menyediakan makanan. Di warung juga terdapat pembeli makanan atau barang yang disediakan. Untuk lebih jelasnya simaklah cerita berikut.

Pak Tono berasal dari Tegal. Beliau dan istrinya memiliki keterampilan memasak. Baru dua bulan pak Tono pindah ke Desa Sukamaju. Untuk menopang kehidupannya, pak  Tono membuka warung makan di Desa sukamaju. Masakan Bapak dan Ibu Tono enak. Selain itum, harga makanannya pun terjangkau . Sehingga warung makan pak Tono ramai dikunjungi pembeli. Setiap pagi, aku disuruh ibu membeli sarapan di warung Pak Tono.

2. Toko

Toko merupakan tempat menjual barang barang kebutuhan sehari hari diantaranya beras, minyak, tepung, sabun mandi, sampo, da lain sebagainya. Toko banyak terdapat di sekitar tempat tinggal kita. Untuk lebih jelasnya bacalah cerita berikut ini.

Ibu Nita membuka toko kelontong dirumahnya. Toko tersebut menjual barang barang kebutuhan sehari hari diantaranya beras, sabung, pasta gigi, minyak goreng, dan lain lain. Setiap hari toko tersebut didatangi banyak pembeli. Pembeli pembeli tersebut kebanyakan tetangga ibu Nita. Mereka senang membeli di toko tersebut karena barangnya lengkap dan ibu Nita melayani pembeli dengan sangat ramah. Selain itu ibu Nita juga sering memberikan diskon pada pembeli yang membeli dalam jumlah banyak.

3. Pasar

Pernahkah kamu pergi ke pasar? Apa saja barang yang ada di pasar? Perhatikan gambar di bawah ini.

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah
source img : https://bengcumenggugat.wordpress.com

Apa yang dimaksud dengan pasar? Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Penjual merupakan orang yang menawarkan dagangan. SEdangkan pembeli merupakan orang yang membeli barang dagangan. Di pasar banyak tersedia barang kebutuhan manusia. Untuk memperoleh barang, kita harus membelinya.

Syarat syarat terjadinya pasar:

a. Ada penjual
b. Ada pembeli
c. Ada barang yang diperjualbelikan
d. Ada transaksi jual beli
e. Ada tempat Transaksi

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah - Mungkin itu saja yang dapat disampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkankan apa bila ada salah salah kata, dan terimakasih sudah berkunjung di website ini. kalau kalian ingin menshare, berikan link asli dari web ini. Sekian dan terimakasih