-->

Perencanaan Usaha Kerajinan dengan Inspirasi Budaya Nonbenda

Perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda- Budaya Tradisional sebagai Sumber Inspirasi. Indonesia sangat kaya dengan budaya tradisional yang merupakan adat istiadat yang berlaku pada setiap kelompok etnik atau suku bangsa. terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1340 suku bangsa menurut sensus Badan Pusat Statistik tahun 2010. miliki jumlah suku bangsa terbanyak di Asia Tenggara artinya Indonesia memiliki keragaman tradisional yang merupakan potensi luar biasa untuk menjadi sumber inspirasi.

Perencanaan usaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda- Budaya Tradisional sebagai Sumber Inspirasi. Indonesia sangat kaya dengan budaya tradisional yang merupakan adat istiadat yang berlaku pada setiap kelompok etnik atau suku bangsa.

Terrdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia atau tepatnya 1340 suku bangsa menurut sensus Badan Pusat Statistik tahun 2010. miliki jumlah suku bangsa terbanyak di Asia Tenggara artinya Indonesia memiliki keragaman tradisional yang merupakan potensi luar biasa untuk menjadi sumber inspirasi.

Budaya tradisi dapat dikelompokkan menjadi budaya non benda dan artefak/objek budaya. budaya non benda diantaranya pantun, cerita rakyat, tarian, dan upacara adat. Sedangkan artefak atau objek budaya diantaranya pakaian daerah, wadah tradisional, senjata dan rumah adat. pada kehidupan sehari-hari, tradisional non benda maupun artefak tidak dipisah-pisahkan melainkan menjadi satu kesatuan dan saling melengkapi.

Sebuah tarian tradisional bisa saja membawakan cerita tradisional, menggunakan pakaian tradisional dan ditarikan pada sebuah upacara yang merupakan ritual tradisional. tarian Burung Enggang dari suku Dayak, tentang seekor burung enggang. burung enggang bagi masyarakat Dayak merupakan simbol Dewata.

Enggang merupakan wujud nenek moyang yang turun ke bumi. penari burung enggang menggunakan pakaian tradisional Dayak, dan diiringi musik tradisional yang dimainkan dengan alat musik tradisional.
Tarian, simbol, pakaian, musik dan alat musik tersebut dapat menjadi sumber inspirasi dari pembuatan kerajinan. Tarian, simbol, dan musik produk budaya non benda sedangkan pakaian, perlengkapan tari dan alat musik merupakan artefak atau objek budaya.

Jenis budaya tradisi baik non benda maupun artefak atau objek budaya dapat menjadi sumber inspirasi untuk dikembangkan menjadi produk kerajinan. hingga saat ini, tercatat 4156 warisan budaya non benda yang terdapat di daerah seluruh Indonesia. setiap daerah dapat mengembangkan kerajinan khas daerah yang mengambil inspirasi dari budaya tradisi daerahnya masing-masing. kekayaan budaya tradisi Indonesia adalah kearifan lokal atau local genius yang dapat menjadi sumber inspirasi yang tidak ada habisnya.

Baca juga : Langkah Langkah Perancangan Desain, Produksi, dan Biaya Produksi 

Produk Fungsional, Sumber daya,material, teknik, dan ide kerajinan dengan inspirasi budaya nonbeda.

Kegiatan wirausaha didukung oleh ketersediaan sumber daya manusia material peralatan cara kerja pasar dan pendanaan sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal dengan sebutan 6m yakni Man atau manusia, money atau uang, material atau bahan, mesin atau peralatan, metode atau cara kerja dan market atau pasar.

Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya non benda dapat dimulai dengan melihat potensi bahan baku atau material, keterampilan produksi (man dan machine) dan budaya lokal yang ada di daerah setempat.

Wirausaha kerajinan dengan inspirasi budaya akan menawarkan karya karya kerajinan inovatif kepada pasaran. 
Pasar sasaran atau market dari produk kerajinan ini adalah orang-orang yang menghargai dan mencintai kebudayaan tradisional. Kemampuan mengatur keuangan atau money dalam kegiatan usaha akan menjamin keberlangsungan dan pengembangan usaha.

Ragam Budaya tradisional non benda yang terdapat di daerah akan menjadi inspirasi untuk perancangan kerajinan yang akan dibuat. perancangan kerajinan juga harus mempertimbangkan ketersediaan material atau bahan baku dan keterampilan produksi yang terdapat di daerah sekitar.

Untuk itu dapat dilakukan pencarian informasi tentang ragam jenis material khas daerah yang dapat digunakan untuk kerajinan serta perajin yang membuat kerajinan daerah setempat.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter