Macam Macam Gen Letal pada Manusia (Dominan dan Resesif)

Macam Macam Gen Letal pada Manusia (Dominan dan Resesif) - Gen Letal yaitu suatu gen yang bila dalam keadaan homozigot dominan atau resesif dapat menyebabkan kematian. Adanya gen letal pada suatu individu menyebabkan perbandingan fenotipe pada keturunannya tidak sesuai dengan hukum Mendel. Hukum mendel sendiri adalah hukum mengenai pewarisan sifat pada organisme yang dijabarkan oleh Gregor Johann Mendel dalam karyanya 'Percobaan mengenai Persilangan Tanaman'. Hukum ini terdiri dari dua bagian:
  1. Hukum pemisahan (segregation) dari Mendel, juga dikenal sebagai Hukum Pertama Mendel, dan
  2. Hukum berpasangan secara bebas (independent assortment) dari Mendel, juga dikenal sebagai Hukum Kedua Mendel.
Gen letal sendiri dapat di bedakan menjadi dua, yakni gen letal dominan dan gen letal resesif.

1. GEN LETAL DOMINAN

Macam Macam Gen Letal pada Manusia (Dominan dan Resesif)
source img : edubio.info



Gen Letal dominan adalah gen yang dapat menyebabkan kematian pada keadaan homozigot dominan. Pada keadaan heterozigot biasanya penderita hanya mengalami kelainan. gen letal dominan pada manusia menyebabkan penyakit Huntington dan Brakidaktili.


a. Penyakit Huntington

Macam Macam Gen Letal pada Manusia (Dominan dan Resesif)
source img : www.wijayarayaherbal.com

Seorang yang menderita penyakit ini menunjukkan gejala gejala abnormal, seperti kejang kejang dan sering membuang barang yang dipegangnya tanpa disadari, sistem saraf memburuk dan sel sel otak rusak sehingga menyebabkan depresi dan tidak jarang penderita melakukan bunuh diri. Peyakit ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1848 oleh Walters, kemudian tahun 1863 oleh lyon, dan pada tahun 1872 George Huntington , membawakan makalah tentang penyakit ini. oleh karena itu, sekarang penyakit ini lebih dikenal sebagai Huntington's disease atau disingkat HD.


Penyebab penyakit ini disebabkan oleh gen dominan letal (H) yang menyebabkan kematian. Seseorang yang genotipenya HH, mula mula tampak normal, tetapi setelah berumur 25 tahun akan memperlihatkan gejala penyakit ini dan berakhir dengan kematian. Orang yang bergenotipe Hh juga mnderita penyakit ini, tetapi tidak parah. sedangkan orang yang bergenotipe hh adalah normal (tidak menderita penyakit ini).

b. Brakidaktili.

Macam Macam Gen Letal pada Manusia (Dominan dan Resesif)
source img : bionomipa.blogspot.co.id

Brakidaktili adalah penyakit turunan dimana penderitanya mempunyai jari pendek karena tulang tulang ujung jari pendek dan tumbuh menjadi satu. penyakit ini di bawah oleh gen Dominan B. orang yang mempunyai genotipe homozigot Dominan (BB) akan letal, orang yang bergenotipe heterozigot (Bb) adalah penderita penyakit ini dan orang yang bergenotipe homozigot resesif (bb) adalah normal

2. GEN LETAL RESESIF

Gen letal resesif adalah gen yang dapat menyebabkan kematian jika dalam keadaan homozigot resesif, baik kematian sebelum lahir atau sesudah lahir (subletal). Contoh penyakit pada manusia untuk menunjukkan gen letal resesif adalah penyakit Ichthyosis congenital.

Penyakit ini merupakan penyakit turunan dan menyebabkan kematian (letal). Bayi yang menderita penyakit ini mempunyai kulit yang tebal dan banyak luka berupa sobekan, terutama di daerah lekukan. Hal inilah yang menyebabkan bayi mati dalam kandungan atau sewaktu di lahirkan

Penyebab penyakit ichthyosis congenital dintadai dengan adanya genotipe homozigot resesif. Perkawinan antara wanita normal homozigot (Ii) dengan laki laki normal heterozigot (Ii) menghasilkan 3 anak normal dan 1 letal karena menderita ichthtyosis congenital

Macam Macam Gen Letal pada Manusia (Dominan dan Resesif)
source img : edubio.info