-->

4 Faktor Penting Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

4 Faktor Penting Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh - Halo semua, kembali lagi di blog kesayangan kita. Masih seperti biasa, kita akan membahas mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Terlebih lagi di zaman sekarang ini, dimana semakin banyak orang yang kurang peduli akan kesehatan tubuhnya. Kita bisa lihat sekarang ini, betapa banyak anak muda yang sudah mengidap penyakit, yang sebenarnya penyakit-penyakit ini jarang sekali menyerang generasi muda dalam beberapa dekade sebelumnya, seperti jantung koroner, diabetes, darah tinggi dan penyakit lainnya.

Baca juga : 4 efek samping mengkonsumsi minuman manis secara berlebihan

Pentingnya menjaga kesehatan tubuh bagi masyarakat adalah suatu hal yang mutlak. Sebab tanpa kesehatan tubuh, manusia tidak akan dapat menjalani aktivitasnya sehari-hari. Bahkan, tanpa kesehatan tubuh seseorang tidak akan mampu untuk menikmati hidupnya. Setelah menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh bagi kita, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentunya dengan pembahasan yang singkat mengenai 4 faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

 4 Faktor Penting Dalam Menjaga Kesehatan Tubuh  


1. Menjaga kebersihan Mungkin kita pernah mendengar istilah kebersihan adalah sebagian dari iman. Tapi ternyata, kebersihan bukan hanya mempengaruhi iman seseorang, melainkan juga mempengaruhi kesehatan seseorang. Hal ini terbukti Berdasarkan riset yang dilakukan oleh badan kesehatan dunia, di mana 1 dari 4 kematian anak di bawah usia 5 tahun adalah disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat. Berdasarkan hasil reset badan Who terdapat 2 laporan yang menunjukkan bahwa sesungguhnya resiko lingkungan seperti, Perokok pasif, polusi air, air yang tidak higienis, sanitasi yang buruk, dan lingkungan yang kotor telah merenggut 1,7 juta jiwa anak-anak setiap tahun.   Bukan hanya itu saja, permasalahan menjaga kebersihan juga erat kaitannya dengan penyebaran virus dan infeksi. Sebagaimana yang kita ketahui penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan bakteri, virus, jamur, protozoa, cacing dan alga, yang di mana semua organisme ini hanya dapat hidup di tempat-tempat yang kotor dan tidak higienis. Oleh karenanya menjaga kebersihan lingkungan adalah faktor penting pertama dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, Karena tanpa kebersihan lingkungan, akan sulit bagi kita untuk mendapatkan kesehatan, baik kesehatan tubuh maupun pikiran.

 2. Rutin Berolahraga Seluruh dunia sepakat bahwa berolahraga adalah salah satu langkah penting untuk mencapai pola hidup yang sehat. Sayangnya, Meski banyak manusia yang mengetahui cara ini (olahraga), namun hanya sedikit sekali yang tergerak hatinya untuk melakukan olahraga atas dasar kesehatan. Padahal jika kita mau sedikit menyadarinya, terdapat banyak sekali manfaat dengan melaksanakan rutinitas olahraga. Antara lain : menyehatkan jantung, melancarkan sistem metabolisme, membuat awet muda, menstabilkan kadar gula darah, dan masih banyak lagi.   Sekedar informasi, Tahukah Anda,  saat ini di Indonesia terdapat lebih dari 40 juta orang dewasa yang mengalami obesitas atau kegemukan. Dan Tahukah Anda Apa penyebab semua ini? Jawabannya adalah pola hidup yang tidak sehat, Kurangnya olahraga, besarnya pemasukan kalori dan minimnya energi yang dikeluarkan. Ini semua adalah faktor-faktor yang membuat seseorang mengalami obesitas. Jadi mulai sekarang, Mari biasakan hidup sehat, Jalani hidup dengan rutinitas olahraga yang telah terjadwal, karena seperti yang telah saya katakan di atas, segala yang anda miliki saat ini tidak akan berarti tanpa kesehatan. 

3. Makanan Dan Minuman Hamburger, pizza, donat, es campur, es krim, puding coklat, adalah makanan lezat yang biasa kita dapati di restoran atau tempat makan di Indonesia. Makanan-makanan ini sangat akrab dengan kehidupan masyarakat di tanah air kita. Tapi Tahukah Anda? Bahwa makanan-makanan di atas, jika konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan penyakit. Perlu kita sadari bahwasanya tubuh manusia memiliki jumlah asupan karbohidrat tertentu, yang harus dipenuhi dalam setiap harinya. Jangan sampai asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh kita berlebih ataupun berkurang.   Jika anda mengkonsumsi karbohidrat melebihi batas yang harus anda penuhi, Maka Bersiaplah untuk memiliki timbunan lemak. Puncaknya, bukan hanya timbunan lemak yang anda miliki, namun juga sederetan penyakit siap mampir di tubuh anda. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jawabannya adalah, hal ini terjadi disebabkan timbunan lemak yang memperlambat aliran darah didalam tubuh. Sehingga, apabila aliran darah didalam tubuh menjadi tidak lancar, metabolisme tubuh akan terganggu, sistem kerja hormon menjadi tidak stabil, dan tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Tidak hanya itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan secara berlebihan akan membuat "penampilan" anda tidak menarik. Akan tetapi, tidak ada yang melarang jika anda tetap ingin mengkonsumsi makanan makanan seperti di atas, namun dengan catatan tidak berlebihan, dan memberi jangka waktu hari dalam mengkonsumsinya (tidak setiap hari) Dan jangan lupa masukan dalam daftar menu anda makanan yang tinggi serat. Hal ini akan membantu anda agar tidak mudah merasa lapar.

4. Mengolah Emosi Bukan hanya sekedar mengatur makan, olahraga dan menjaga kebersihan. Mengolah emosi atau perasaan adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh.   Salah seorang pakar psikolog dari Carnegie Mellon University mengatakan: " respon perilaku dan geologis terhadap stres atau emosi berpotensi mempengaruhi kesehatan tubuh". Sebagian mengungkapkan bahwa tubuh manusia akan bereaksi terhadap stres dengan melepaskan hormon kortisol untuk melawan hormon epinefrin dan norepinefrin. Dan Seiring berjalannya waktu, hormon ini akan mengganggu sistem kekebalan tubuh, jantung dan metabolisme, sehingga tubuh lebih rentan 6terkena penyakit. 

Itulah pembahasan singkat kita mengenai 4 faktor penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat

Rujukan:  - Jurnal Universitas Sumatra Utara pdf - Jurnal Gizi Dan Pangan 2008 pdf

Related Posts

1 komentar

  1. Listen...

    What I'm going to tell you might sound pretty creepy, and maybe even kind of "out there"....

    BUT what if you could simply click "PLAY" to LISTEN to a short, "miracle tone"...

    And magically bring MORE MONEY to your LIFE??

    I'm talking about BIG MONEY, even MILLIONS of DOLLARS!!!

    Sounds way too EASY?? Think this couldn't possibly be for REAL?

    Well then, I've got news for you...

    Sometimes the largest blessings life has to offer are the easiest to RECEIVE!!!

    Honestly, I'm going to provide you with PROOF by letting you PLAY a REAL "miracle abundance tone" I developed...

    You simply push "PLAY" and watch how money starts piling up around you... it starts right away...

    TAP here NOW to PLAY the marvelous "Miracle Abundance Sound Frequency" as my gift to you!!!

    BalasHapus

Posting Komentar

1. Komen yang baik
2. Komen yang tidak mengandung dengan spam
3. Komen yang tidak mengandung SARA
4. Komen sesuai Topik bahasan

Blog Dofollow Page Rank 2, Di anjurkan comment dengan URL/Komentar

Subscribe Our Newsletter