Pengaruh Kondisi Lingkungan terhadap Kesehatan

Pengaruh Kondisi Lingkungan terhadap Kesehatan - Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita, berdasarkan keadaannya. ada dua yakni lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.Keadaan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Lingkungan yang sehat menyebabkan penghuninya nyaman dan sehat. Adapun lingkungan kotor dan tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam gangguan dan penyakit. Penyebab lingkungan menjadi tidak sehat adalah adanya pencemaran. Agar tidak mengalami pencemaran, kita perlu memelihara kesehatan lingkungan sekitar kita.

source img :

Pengaruh Kondisi Lingkungan terhadap Kesehatan - Kondisi lingkungan memengaruhi kesehatan manusia. Lingkungan yang bersih dan sehat akan menghindarkan manusia dari berbagai macam penyakit. Sebaliknya, Lingkungan yang kotor dan tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Lingkungan yang tidak sehat merupakan lingkungan yang telah mengalami pencemaran. Pencemaran disebut juga dengan polusi. Bahan bahan yang menyebabkan pencemaran disebut dengan Polutan. Jenis jenis pencemaran sebagai berikut.

a. Pencemaran udara

pencemaran udara disebabkan oleh asap, zat kimia, bau tidak sedap, dan debu. Debu merupakan butiran butiran benda padat yang sangat halus. Debu dalam udara dapat ke mata maupun saluran pernapasan. Debu yang masuk ke mata menyebabkan mata perih karena iritasi. Adapun debu yang masuk ke saluran pernapasan dapat menyebabkan batuk dan sesak napas.

Selain debu, asap juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Asap dapat menyebabkan sesak napas dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Asap dapat brasal dari zat sisa pembakaran dan kendaraan bermotor, rokok, asap pabrik, pembakaran hutan, dan pembakaran sampah. Selain menyebabkan sesak napas dan ISPA, pencemaran udara dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan asma, bronkitis, sakit jantung, bahkan kanker.

Untuk mengurangi akibat dari pencemaran udara, kita dapat menggunakan masker dan kacamata. Masker berguna untuk mencegah debu dalam udara masuk kesaluran pernapasan. Kacamata berguna untuk mencegah debu yang masuk ke mata.

b. Pencemaran air

Pencemaran air disebabkan oleh limbah rumah tangga, contohnya air bekas mandi, detergen, dan sampah dapur. Selain itu, limbah pertanian seperti pupuk kimia dan pestisida serta limbah pabrik berupa bahan kimia yang dibuang ke sungai juga dapat menyebabkan pencemaran air. Air ang tercemar dapat menyebabkan berbagai macam penyakit antara lain. Kolera, disentri, muntaber dan penyakit kulit.

c. Pencemaran tanah.

Pencemaran tanah disebebkan oleh sampah atau limbah. Limbah dapat berbentuk padat atau cair. Limbah padat contohnya plastik, kertas dan kaleng bekas. Limbah cair contohnya pestisida dan air detergen. Berdasarkan zat kimia yang terkandung di dalamnya, sampah di bedakan menjadi 3 sebagai berikut
  • Sampah Organik, Sampah organik adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup sehingga dapat terurai secara alami. Contohnya sisa sayur"ann, sisa makanan, sampah dapur dan dedaunan.
  • Sampah Anorganik, Sampah anorganik adalah sampah yang tidak dapat terurai secara alami. Sapah anorganik sukar membusuk. Contohnya plastik, kaleng, logam dan pecahan kaca.
  • Sampah B3, adalah sampah bahan berbahaya dan beracun. sampah ini mengandung zat zat kimia berbahaya. Contohnya obat obatan dan limbah yang mengandung zat kimia. 
Pencemaran tanah menyebabkan kurangnya kesuburan tanah, Zat pencemar yang di serap tumbuhan juga dapat masuk ke tubuh hewat atau manusia yang mengonsumsinya, sehingga terjadi penumpukan zat berbahaya di dalam tubuh hewan atau manusia.

d. Pencemaran suara

Pencemaran suara dapat disebabkan oleh suara keras atau bising. Contohnya suara kendaraan bermotor atau mesin pabrik. Pencemaran suara dapat menggangu pendengaran. Untuk mengurangi akibat dari pencemaran suara, sebaiknya kita menggunakan penutup telinga ketika berada di tempat yang bising atau suara yang riuh.

Pengaruh Kondisi Lingkungan terhadap Kesehatan - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, dan apabila ada benarnya itu semata mata datang dari Allah swt. terimakasih sudah ingin melihat website ini sebagai ilmu pengetahuan saya harap kalian membagikan artikel ini agar teman teman yang lain ikut menyaksikan bagaimana kondisi lingkungan mempengaruhi kesehatan kita.