-->

Teori Teori dari Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI)

Teori Teori dari Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI)
from : Wikipedia
Teori Teori dari Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) - Hallo sobat Harafi's mulki, apa kabarnya nih? semoga semua dalam keadaan baik baik saja ya karena kita akan mengetahui apa saja si teori teori tentang konspirasi yang ada dalam G30S/PKI ini. Pertama tama kita kenali dulu apa itu pki siapa pemimpinnya dari mana asal dibentuknya, tujuannya apa dan dimana berkembang serta teorinya.

PKI adalah Partai Komunis politik di Indonesia. PKI adalah partai komunis non-penguasa terbesar di dunia setelah Rusia dan Tiongkok sebelum akhirnya PKI dihancurkan pada tahun 1965 dan dinyatakan sebagai partai terlarang pada tahun berikutnya. di indonesia di pimpin oleh Amir Syarifudin. tujuannya PKI ini ada adalah untuk menyama ratakan status sosial dan ingin menjadikan indonesia menjadi negara komunis.

Inilah peristiwa yang hingga kini masih menyimpan kontroversi. Utamanya adalah berhubungan dengan peryanyaan "Siapa dalang dari Gerakan 30 September tahun 1965 sebenarnya?"

1). Gerakan 30 September merupakan persoalan internal Angkatan Darat (AD)

Dikemukakan antara lain oleh Ben Anderson, W.F.Wertheim, dan Coen Hotsapel, teori ini menyatakan bahwa G30S hanyalah peristiwa yang timbul akibat adanya persoalan di kalangan AD sendiri. hal ini misalnya didasarkan pada pernyataan pemimpin gerakan, yaitu Letnan Kolonel untung yang menyatakan bahwa para pemimpin AD hidup bermwah mewahan dan memperkaya diri sehingga mencemarkan nama baik AD. pendapat sepertni ini sebenarnya berlawanan dengan kenyataan yang ada. Jendral Nasution misalnya, panglima angkatan bersenjata ini justru hidupnya sedehana

2). Dalang Gerakan 30 September adalah Dinas Intelijen Amerika Serikat (CIA).

Teori ini berasal antara lain dari tulisan Peter Dale Scott atau Geoffrey Robinson. Menurut teori ini AS sangat khawatir indonesia jatuh ke tangan komunis. PKI pada masa itu memang tengah kuat kuatnya menanmkan pengaruh di indonesia. Karena itu CIA kemudian bekerjasama dengan suatu kelompok dalam tubuh AD untuk memprovokasi PKI agar melakukan gerakan kudeta, setelah itu ganti PKI yang di hancurkan tujuan akhir skenario CIA ini adalah menjatuhkan Kekuasaan SOEKARNO.

3). Gerakan 30 September merupakan pertemuan antara kepentingan Inggris - AS

Menurut teori ini G30S adalah titik temu antara keinginan inggris yang ingin sikap konfrontatif soekarno terhadap malaysia bisa di akhiri melalui penggulingan kekuasaan soekarno, dengan keinginan AS agar indonesia terbebas dari komunisme, dimasa itu soekarno memang tengah gencar melakukan provokasi menyerang malaysia yang dikatakannya sebagai melancarkan provokasi menyerang malaysia yang dikatakannya sebagai negara boneka inggris. Teori ini dikemukakan antara lain oleh Greg Poulgrain.

4). Soekarno adalah dalang Gerakan 30 September

Teori yang di kemukakan antara lain oleh Anthony dake dan john hughes. ini beranjak dari asumsi bahwa soekarno berkeinginan melenyapkan kekuatan opsisi terhadap dirinya, yang berasal dari sebagian perwira tinggi AD. karena PKI dekat dengan Soekarno, partai ini pun terseret, dasatr teori ini antara lain berasal dari kesaksian Shri Biju Patnaik, seorang pilot asal india yang menjadi sahabat banyak pejabat indonesia sejak masa revolusi. ia mengatakan bahwa pada 30 September 1965 tengah malam soekarno memintanya untuk meninggalkan jakarta sebelum subuh menurut patnaik, soekarno berkata "sesudah itu saya akan menutup lapangan terbang"

5). Tidak ada pemeran tunggal dan skenario besar dalam peristiwa Gerakan 30 September (Teori Chaos).

Dikemukakan antara lain oleh John D. Legge, teori ini menyatakan bahwa tidak ada dalang tunggal dan tidak ada skenario besar dalam G30S. kejadin ini hanya merupakan hasil dari perpanduan antara, seperti yang disebut Soekarno :"Unsur unsur nekolim (Negara bara), pemimpin PKI yang keblinger serta oknum oknum Abri yang tidak benar". semuanya pecah dalam improvisasi di lapangan

6). Dalang Gerakan 30 September adalah PKI

Menurut teori ini tokoh tokoh pki adalah penanggung jawab peristiwa kudeta, dengan cara memperalat unsur unsur tentara, dasarnya adalah serangkaian kejadian dan aksi yang telah dilancarkan PKI antara tahun 1959 - 1965. Dasar lainnya adalah bahwa setelah G30S, beberapa perlawanan bersenjata yang dilakukan oleh kelompok yang menamakan diri CC PKI sempat terjadi di blitar selatan , grobogan dan klaten.

Teori Teori dari Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI) - Teori ayng dikemukankan antara lainn oleh Nugroho Notosusanto dan Ismail saleh ini merupakan teori yang paling umum di dengar mengenai kudeta tanggal 30 September 1965. bagaimana ? jadi semakin tau kan apa saja teori toeri yang terdapat dalam tragedi Gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI). sumber artikel ini saya ketik dari buku sejarah kelas 12 saya. kalo ada salah "kata atau kalimat tolong di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter