-->

Terjemahan Isi Sumpah Palapa dalam Bahasa Indonesia

terjemahan isi sumpah palapa bila di artikan kedalam bahasa indonesia  - Hallo sobat Harafi's Mulki. kembali lagi bersama saya yang kemarin hari baru memposting tentang artikel cinta cintaan namun sekarang kita kembali lagi pada pelajaran atau ilmu yang mungkin akan bermanfaat untuk kalian dan khususnya untuk saya. Dan kita akan membahas tentang terjemahan isi sumpah palapa bila di artikan kedalam bahasa indonesia.

Sumpah Palapa adalah suatu pernyataan/sumpah yang dikemukakan oleh Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, tahun 1258 Saka (1336 M). (wikipedia). sekarang, siapa itu gajah mada? yap
Gajah Mada (wafat k. 1364) adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit.Menurut berbagai sumber mitologi, kitab, dan prasasti dari zaman Jawa Kuno, ia memulai kariernya tahun 1313, dan semakin menanjak setelah peristiwa pemberontakan Ra Kuti pada masa pemerintahan Sri Jayanagara, yang mengangkatnya sebagai Patih

Pada saat di angkat sebagai Patih Gajah Mada bersumpah bahwa ia tidak akan beristirahat (amukti Palapa) jika belum menyatukan nusantara. Sumpah itu kemudian dengan sumpah Palapa. dan di bawah ini ada terjemahan dari isi sumpah palapa, yang saya ambil dari buku sejarah saya.

SUMPAH PALAPA 
"Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, amun kalah ring gurun, ring seran , tanjungpura, ring Haru, rubg Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Saman isun Amukti Palapa"

Bahasa Indonesia Sumpah Palapa
"Setelah tunduk Nusantara, saya akan beristirahat, sesudah kalah Gurun seran, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik , Barulah saya akan Beristirahat"
Terjemahan Isi Sumpah Palapa dalam Bahasa Indonesia - mungkin itu dlu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, terimakasih sudah mau berkunjung ke website yang sederhana ini, boleh di copy paste atau di salin, tapi harus diberikan sumbernya ya. karena ini ilmu alangkah baiknya di share lewat medsos ataupun yang lainnya, sekian dan terimakasih

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter