Thursday, November 17, 2016

Wilayah Laut Teritorial Indonesia

Wilayah Laut Teritorial Indonesia - Republik Indonesia, disingkat RI atau Indonesia, adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau, nama alternatif yang biasa dipakai adalah Nusantara.

Dengan populasi lebih dari 258 juta jiwa pada tahun 2016, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, dengan lebih dari 207 juta jiwa. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih secara langsung. (wikipedia)

Wilayah Laut Teritorial Indonesia
source img : www.orionrestoration.com


Negara Indonesia dikenal dengan sebutan negara kepulauan atau negara maritim. Karena mempunyai wilayah perairan yang sangat luas. Laut teritorial adalah wilayah lautan suatu negara yang dianggap sebagai daratan.

1. Perubahan Wilayah Laut Teritorial Indonesia

Laut indonesia kaya sumber daya alam (SDA) yang merupakan bahan kebutuhan manusia. SDA sendiri terbagi menjadi dua, taitu SDA hayati atau non hayati. Contoh SDA hayati adalah ikan dan tumbuhan laut. Ikan merupakan sumber protein bagi manusia. Sedangkan, tumbuhan laut penting untuk umber makanan dan penghasil oksigen. SDA nonhayati, misalnya minyak, gas alam, dan beberapa jenis material untuk bahan bangunan. Dengan wilayah laut kita seluas 3.257.357 km2, potensi SDA tentu sangat besar, oleh karena itu, pemanfaatannya hendaknya dilakukan suatu pengaturan.

Berdasarkan Ordonansi tentang laut teritorial dan daerah maritim (Territo rial Zeeen Maritim Kringen Ordonantie). tahun 1939 yakni pada masa pemerintahan hindia belanda, batas laut teritorial indonesia hanya sejauh 3 mil (1 mil laut = 1850m), diukur dari pantai setiap pulau pada saat air laut surut. Ordonansi tentang ke lautan tahun 1939 dinilai sudah tidak sesuai lagi dan sangat merugikan untuk memelihara kepentingan dan kebutuhan bital indonesia baik di bidang politik, sosial budaya maupun pertahanan keamaan nasional.

Oleh sebab itu, pada tanggal 13 Desember 1957 di keluarkan Deklarasi Juanda. Peraturan tersebut kemudian di sahkan menjadi UU no 4 Prp Tahun 1960, dimana isinya tentang wilayah laut teritorial 12 mil laut atau 22km dari pantai terluar, maka perairan tersebut menjadi wilayah kedaulatan indonesia. Perairan antarpulau secara otomatis juga menjadi wilayah kita. adapun perairan antarpulau disebut perairan nusantara. oleh karena memiliki perairan yang sangat luas, indonesia memberlakukan Hukum Laut Internasional yang disetujui PBB. Hukum itu berupa Traktat Multilateral hasil pertemuan di Jamaica pada tanggal 10 Desember 1982

Laut Teritorial

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Deklarasi Juanda pada tanggal 13 Desember 1957. Deklarasi ini menetapkan bahwa batas perairan laut wilayah Indonesia adalah 12 mil laut diukur dari garis pantai masing-masing pulau sampai titik terluar. Deklarasi ini juga melandasi lahirnya Wawasan Nusantara.

1) Laut Teritorial (Laut Wilayah)

Merupakan laut yang lebarnya 12 mil laut yang diukur sejajar dengan garis dasar atau pangkal. Garis dasar atau pangkal adalah garis yang dibentuk pada saat air laut surut pada pulau-pulau terluar dalam wilayah Indonesia. Negara Indonesia mempunyai kedaulatan penuh atas wilayah laut ini.

2) Landas Kontinen

Merupakan bagian dasar laut paling tepi atau dekat kontinen/benua dengan kedalaman laut sampai 200 m. Wilayah landas kontinen Indonesia berada di luar laut teritorial Indonesia. Pada wilayah ini eksplorasi dan eksploitasi laut masih dapat dimungkinkan.

3). Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)

Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) diumumkan pemerintah Indonesia pada tanggal 21 Maret 1980. Pengumuman ini berpengaruh terhadap wilayah Indonesia dan negara-negara lain. Wilayah laut Indonesia bertambah luas mencapai dua kali dari sebelumnya. Pihak asing dilarang mengambil kekayaan laut di wilayah ZEE. Penentuan batas wilayah laut dengan negara tetangga dilakukan dengan kesepakatan bersama.

2. Pelestarian Wilayah Laut Indonesia

Di dalam laut banyak terkandung sumber daya alam yang bermanfaat. Sumber daya Alam yang ada dilaut terdiri dari sebagai berikut

a. Berbagai jenis biota laut, seperti ikan, udang, cumi cumi, kerang, kepiting, dan biota lainnya. Sumber daya alam tersebut memberikan penghidupan bagi para nelayan.
b. Kerang mutiara memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi
c. Rumput laut di budidayakan di daerah pesisir. Budi daya rumput laut dapat meningkatkan pendapatan penduduk.
d. Air laut merupakan bahan dasar pembuatan gaaram mineral
e. Berbagai bahan tambang terdapat dilaut, diantaranya minyak bumi.

Sumber daya alam yang ada di laut dapat mengalami keruasakan. Kerusakan kerusakan sumber daya alam di laut sebagian besar di sebabkan oleh keberingasan atau tidakan yang dilakukan oleh manusia. Faktor faktor yang dapat mengakibatkan kerusakan di laut sebagai berikut

a. Membuang sampah di laut
b. Pembuangan limbah industri yang mengandung bahan kimia dapat mencemari laut sehingga biota laut banyak yang mati.
c. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan menyebabkan kerusakan terumbu karang.
d. Penggunaan jaring pukat harimau dan jari trawl menyebabkan ikan ikan kecil tertangkan populasi ikan semakin berukurang
e. Tumpahan minyak mentah di laut menyebabkan kematian berbagai jenis ikan biota laut lainnya.

Bangsa indonesia yang memiliki perairan laut yang luas dengan segala kekayaan dan keindahannya dan berhak mengelolanya. Pengertian pengelolaan tidak hanya mengambil dan memanfaatkan segala kekayaan dan keindahan yang ada. Namun, bangsa indonesia harus mampu melestarikan kekayaan alam terutama yang berada di lautan beberapa upaya yang dilakukan untuk melestarikan suber daya laut, antara lain sebagai berikut

  • Larangan membuang limbah industri kelaut
  • Pencegahan polusi air laut
  • Larangan penggunaan bahan pelrdak untuk penangkapan ikan.

Wilayah Laut Teritorial Indonesia - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon di maafkan karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan dan kehilafan, apabila artikel ini bermanfaat tolong di share ke temen temen kalian supaya teman teman kalian juga tahu apa itu Wilayah Laut Teritorial Indonesia. sekian dan terimakasih