Tata Cara Berorganisasi di Sekolah


Kebebasan Berorganisasi di Sekolah - Di sekolah, setiap siswa mempunyai hak untuk mengikuti organisasi tanpa paksaan dari guru atau teman. jadi, para siswa bebas mengikuti kegiatan organisasi berdasarkan minat bakan dan kemampuannya. baik dari segi akademik maupun non akademik. jujur saya juga berorganisasi. dengan mempunyai tingkatan sebagai kepala humas di ROHIS.

Saya berorganisasi sudah lebih 1 tahun, banyak hal yang saya dapat dalam berorganisasi, disana kita dapat menuangkan ide ide ataupun pendapat kita untuk kemajuan sekolah ataupun organisasi tersebut. salah satu organisasi yang cukup eksis yakni rohis, memang ada suka maupun dukanya. namun, kalian harus tabah menjalaninya.

Dalam segi public speaking ini sangat dibutuhkan, kalian harus bisa berbicara di depan umum dengan lancar, tanpa terbata bata. agar ide atau pendapat yang ada di dalam diri anda, sampai kedalam pemikiran anggota. kalian juga harus yakin dengan pendapat kalian tersebut. dan ada beberapa manfaat juga dalam berorganisasi.

Mengikuti organisasi di sekolah mempunyai beberapa manfaat. Berikut ini adalah manfaat manfaatnya.

a). Dapat mengembangkan potensi kepemimpinan disekolah
b). menambah wawasan dan pengalaman berorganisasi
c). mengetahui dan mengembangkan bakat
d). menambah teman dan memperluas pergaulan
e). melatih diri untuk mandiri
f )  membagi dan mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat
g) .menimbulkan sikap percaya diri dan tidak mudah mengeluh

Pada dasarnya keinginan ikut berorganisasi disebabkan oleh dua hal. Pertama, keinginan menambah pengalaman untuk masa depan. Kedua, keinginan mengabdikan diri untuk organisasi yang dipilij. oleh karena itu, dalam meimilih organinasi harus sesuai dengan keinginan, minat dan bakat yang dimiliki

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam memilih organisasi di sekolah di antaranya

a). mengetahui tujuan dari organisasi
b). mencari tahu apa saja kegiatan yang ada dalam organisasi tersebut, apakah kegiatan yang dilakukan bersikap postif atau negatif
c). mencari tahu dan menentukan posisi apa yang sesuai dengan pribadi kita
d. memilih organiassi jgua harus memperhatiikan waktu, yang tidak mengganggu kegiatan belajar kita