Teori Teori Munculnya Pemimpin di Masyarakat

4 Teori Teori Munculnya Pemimpin di Masyarakat - hallo sobat think smart, apa kabarnya nih? semoga semua dalam keadaan baik baik saja ya karena kita di sini akan mengetahui apa saja teori teori munculnya pemimpin dimasyarakat. sebelumnya saya minta maaf karena jarang mengupdate website ini dikarenakan saya sibuk denga dunia real saya dan juga sibuk di website yang satunya.

Pemimpin, Pemimpin adalah suatu lakon/peran dalam sistem tertentu; karenanya seseorang dalam peran formal belum tentu memiliki ketrampilan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah Kepemimpinan pada dasarnya berhubungan dengan ketrampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang dimiliki seseorang; oleh sebab itu kepemimpinan bisa dimiliki oleh orang yang bukan "pemimpin".

Seperti yang kita ketahui pemimpin adalah salah satu orang yang menentukan arah untuk para pengikutnya, tidak semua orang dapat atau bisa menjadi seorang pemimpin, hanya yang berbakat dan memang punya suatu anugrah dari tuhan untuk memimpin. dan disini muncullah teori teori dari para pemuka tentang bagaimana seseorang dapat menjadi seorang pemimpin.

Teori Teori Munculnya Pemimpin di Masyarakat
source img : bandiklat.baliprov.go.id

1.      Teori Genetis

Sesorang akan menjadi pemimpin karena memang ia dilahirkan utnuk menjadi pemimpin; dengan kata lain ia mempunyai bakat dan pembawaan untuk menjadi pemimpin. Tidak semua oarang bisa menjadi pemimpin, haya kerena orang-orang yang mempunyai bakat yang buisa menjadi pemimpin (leaders are borned not built).

2.      Teori Sosial

Seseorang akan menjadi pemimpin kalau lingkungan, waktu atau keadaan memungkinkan ia menjadi pemimpin. Semua orang bisa menjadi  pemimpin asal debari kesempatan dan diberi pembinaan untuk menjadi pemimpin walaupun  ia tidak mempunyai bakat (leaders are built not borned).

3.      Teori Ekologis

Gabungan teori Genetis dan teori Sosial, yaitu untuk menjadi seorang pemimpin perlu bakat dan bakat itu perlu dibina supaya berkembang. Kemampuan untuk mengembangkan bakat itu tergantung pada lingkungan, waktu dan keadaan.

4.      Teori Situasi

Setiap orang bisa menjadi pemimpin, tetapi dalam situasai tertentu saja, karena ia memiliki kelebihan-kelebihan yang dalam situasi itu. Dalam situasi lain dimana kelebihan-kelebihan itu tidak diperlukan, ia tidak akan menjadi pemimpin, dan mungkin hanya menjadi pengikut saja.

Teori Teori Munculnya Pemimpin di Masyarakat - Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon di maafkan, karena saya juga manusia yang tak luput dari kesalahan, dan terimakasih kepada website pemberi informasi yakni huda-hudaazizahcaem.blogspot.co.id yang sudah memberikan ilmu pengetahuannya,. Sekian dan Terimakasih