Fakta Fakta Menarik Tentang Gerhana Matahari

Fakta Fakta Menarik dari Gerhana Matahari - yo yo yo what'up guys, apa kabarnya nih? semoga semua dalam keadaan baik baik saja ya karena kita di sini akan menetahu fakta fakta apa saja yang menarik dari Gerhana Matahari. mungkin disini kalian masih ada yang belum mengetahui tentang gerhana matahari, ini ada penjelasannya dari mbah wikipedia

Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (wikipedia)

source img : www.theguardian.com
Gerhana Matahari baru saja mengitari indonesia, pada pukul 7 - 9. kita di jakarta hanya kebagian pinggirannya saja, namun di palu ataupun palembang, dan bagian utara lainnya keselatan itu hampir terkena gerhana matahari total, selanjutnya kalian semua pasti tahu gerhana matahari pada saat tahun 1982, itulah jakarta terkena gerhana matahari total. dan sekarang kita akan mengetahui fakta fakta menariknya apa saja ya


Gerhana Matahari Berlangsung Dua sampai Lima Kali Tiap-tiap Thn 

Tergantung terhadap geometri Matahari, Bln, & Bumi, fenomena GMT mampu berjalan antara 2 sampai 5 gerhana Matahari tiap-tiap th. Geometri ini yg menyebabkan tipegerhana berbeda-beda, adalah gerhana Matahari keseluruhan, anular atau parsial.

Bulan Menutupi Cahaya Matahari 

Gerhana Matahari Keseluruhan berlangsung kala Bln memang menutupi Matahari maka cuma korona Matahari yg kelihatan.

GMT Sejarah Langka 

Fenomena Gerhana Matahari Keseluruhan cuma mampu berjalan sekali tiap-tiap 1-2 thn. Elemen ini menciptakan GMT jadi histori yg teramat langka.

Disaksikan di Kutub Utara dan Kutub Selatan 

Kalau Kamu tinggal di Kutub Utara atau Selatan, Kamu bakal menonton gerhana matahari parsial. Beberapa Orang di bidang lain dunia mampu menyaksikan gerhana Matahari parsial, keseluruhan, annular, & hybrid gerhana.

Durasi Terlama GMT 

Gerhana Matahari Keseluruhan terpanjang dapat bersi teguh sampai 7,5 menit.

Lebar Cakupan Bayangan GMT 

Lebar keseluruhan GMT rata-rata sekira 160 kilo meter & akan menyapu luas permukaan bumi sepanjang 10 ribu mil.

Berlangsung 18 Th Setelah Itu 

Gerhana nyaris identik berlangsung sesudah 18 th & 11 hri. Musim ini berdasarkan 223 bln synodic yg dinamakan saros.

Resiko GMT
Selagi gerhana matahari keseluruhan, keadaan di rute totalitas bisa beralih bersama serta-merta. Suhu hawa turun & daerah jadi gelap.

Planet Lain Bakal Tampak 

Jikalau ada planet di langit terhadap diwaktu Gerhana Matahari Keseluruhan, mereka mampu dipandang yang merupakan titik cahaya.